KPU Lumajang Perkenalkan "SUJALI" dan Jingle Pilkada untuk Tingkatkan Partisipasi Pemilih
10 Juni 2024 | Dilihat 164 kali | Penulis Andika . Redaktur Anam

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang secara resmi meluncurkan "SUJALI" sebagai maskot Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Lumajang 2024.

Acara yang berlangsung di Alun-Alun Kabupaten Lumajang pada Minggu (9/6/2024) malam menandai dimulainya rangkaian tahapan Pilkada yang akan berujung pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pada 7 November 2024 mendatang.

Peluncuran maskot tersebut bertujuan sebagai media untuk menyebarluaskan informasi, serta menggaungkan bahwa tahapan Pilkada Kabupaten Lumajang sudah dimulai.

Saat acara tersebut, Ketua KPU Kabupaten Lumajang Yuyun Baharita menjelaskan bahwa maskot berupa seekor Kambing Etawa dipilih karena hewan tersebut merupakan fauna khas Lumajang yang memiliki karakteristik unik.

"SUJALI merupakan singkatan dari 'Sukseskan Lumajang Memilih', sesuai dengan tagline KPU Kabupaten Lumajang yakni 'Sukseskan Lumajang Memilih Untuk Masa Depan Gemilang'," jelas dia.

Maskot tersebut didesain oleh Bagus Darmadi dari Desa Kutorenon, Kecamatan Sukodono, yang memenangkan lomba desain maskot. Bagus menerima penghargaan langsung dari KPU Kabupaten Lumajang. SUJALI digambarkan sebagai Kambing Etawa yang mengenakan beskap merah maron, jarik hitam, dan blangkon khas Lumajangan, mencerminkan budaya lokal yang kuat.

Selain peluncuran maskot, KPU Kabupaten Lumajang juga merilis jingle Pilkada berjudul "Berpesta Untuk Lumajang". Jingle ini menggunakan musik Danglung, yang memadukan instrumen Jawa dan Madura dengan alat musik modern, menggambarkan keunikan musik khas Kabupaten Lumajang.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Lumajang, Paiman berharap kehadiran maskot SUJALI akan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses demokrasi.

"Saya harap kehadiran SUJALI bukan hanya sebagai simbol, tetapi juga sebagai pengingat akan pentingnya peran aktif masyarakat dalam proses demokrasi di Kabupaten Lumajang," ungkap Paiman.

Peluncuran SUJALI dan jingle Pilkada tersebut juga diharapkan dapat memeriahkan serta meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya Pilkada 2024, memastikan bahwa proses demokrasi berjalan lancar dan sukses demi masa depan gemilang Kabupaten Lumajang. (Kominfo-lmj/Ad)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan