Panduan Memilih Hewan Kurban yang Sehat dan Berkualitas untuk Iduladha
13 Juni 2024 | Dilihat 141 kali | Penulis Yongky . Redaktur Anam

Iduladha segera tiba, momen yang dinantikan oleh umat Islam untuk bersedekah melalui kurban. Pemilihan hewan kurban yang sehat dan berkualitas sangat penting untuk memastikan ibadah kurban diterima dengan baik sesuai dengan syariat.

Memilih hewan ternak yang tepat, seperti unta, kambing, domba, sapi, dan kerbau, menjadi prioritas. Sesuai syariat, sapi dan kerbau harus berumur minimal 2 tahun, sementara kambing dan domba berumur 12-18 bulan atau sudah berganti gigi susu.

Saat ditemui di kantornya, Kamis (13/6/2024), Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPP Lumajang, Endra Novianto memberikan tips memilih hewan kurban yang sehat.

"Periksa kondisi ternak, pastikan hewan bisa berdiri, berjalan, dan bernapas normal. Nafsu makan yang baik, atau kondisi mengunyah (ruminasi) menunjukkan pencernaan yang sehat," jelas Endra

Endra juga menjelaskan, bahwa tanda-tanda kesehatan hewan meliputi nafsu makan yang baik, mata yang cerah, bulu bersih, gerakan lincah, dan bebas dari tanda-tanda penyakit atau cacat.

"Dengan nafsu makan yang baik dan gerakan yang lincah, hewan otomatis terlihat gemuk dan sehat," terang dia.

Kondisi kesehatan hewan kurban tahun ini lebih terkendali dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Endra menyebutkan, Kondisi PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) dan LSD (Lumpy Skin Disease) lebih terkendali. Memilih hewan sehat lebih mudah, dan Alhamdulillah sampai saat ini belum ditemukan gejala penyakit yang berbahaya pada hewan kurban.

Selain kondisi hewan, tempat penjualan hewan kurban juga harus diperhatikan. Pastikan tempat tersebut bersih dan terawat untuk mencegah penyebaran penyakit.

"Kami telah melakukan pemeriksaan hewan dan tempat penjualan di beberapa lapak. Sebagai bukti, kami memberikan surat keterangan berupa stiker yang menunjukkan hewan telah diperiksa oleh dokter hewan," pungkasnya.

Dengan memperhatikan tips ini, umat Islam dapat memastikan hewan kurban yang dipilih sehat dan sesuai syariat, sehingga ibadah kurban dapat dilakukan dengan baik dan penuh berkah. (Kominfo-lmj/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan