Keikutsertaan Pj. Bupati Lumajang dalam Rakornas Pengendalian Inflasi 2024 Tunjukkan Komitmen Daerah
15 Juni 2024 | Dilihat 146 kali | Penulis Ardi . Redaktur Anam

Penjabat (Pj.) Bupati Lumajang, Indah Wahyuni (Yuyun) mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi 2024 yang digelar secara virtual di CCRoom Diskominfo pada Jumat (14/6/2024). Rakornas tersebut dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), dari Istana Negara Jakarta.

Partisipasi Yuyun dalam Rakornas tersebut menegaskan komitmen Kabupaten Lumajang untuk mendukung upaya pengendalian inflasi dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di Indonesia. Langkah tersebut mencerminkan keseriusan pemerintah daerah dalam menjaga stabilitas ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Presiden Jokowi dalam arahannya menyampaikan kabar baik mengenai inflasi Indonesia pada Mei 2024 yang tercatat di angka 2,84 persen, menjadikannya salah satu yang terbaik di dunia.

"Inflasi kita berada di angka 2,84 persen, ini merupakan salah satu yang terbaik di dunia," kata Jokowi.

Presiden menekankan bahwa capaian ini adalah hasil kerja keras Tim Pengendalian Inflasi baik di tingkat pusat maupun daerah.

"Saya sampaikan terima kasih kepada tim pengendalian inflasi pusat dan daerah yang telah bekerja keras untuk mengendalikan inflasi, sehingga pada bulan Mei inflasi kita berada di angka 2,84 persen," ujarnya.

Selain itu, Presiden Jokowi juga mengumumkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini mencapai 5,11 persen, menunjukkan kinerja ekonomi yang sehat.

"Sekarang inflasinya 2,84 persen, terus pertumbuhan ekonominya 5,11 persen, nah ini segar, segar kalau seperti ini," jelasnya.

Namun, Presiden Jokowi mengingatkan agar semua pihak tetap waspada terhadap berbagai tantangan yang masih ada, terutama ancaman perubahan iklim yang disampaikan oleh Sekjen PBB.

"Kita harus tetap waspada, hati-hati tidak boleh lengah. Tantangan ke depan tidak mudah, saya kira bapak/ibu semuanya sudah mendengar warning dari Sekjen PBB bahwa dunia menuju ke neraka iklim," tegasnya.

Dengan adanya koordinasi yang kuat antara pemerintah pusat dan daerah, diharapkan berbagai program dan kebijakan pengendalian inflasi serta pertumbuhan ekonomi dapat terus berjalan dengan baik, memberikan dampak positif bagi masyarakat luas.

Keikutsertaan Pj. Bupati Indah Wahyuni dalam Rakornas ini memperlihatkan komitmen kuat Kabupaten Lumajang dalam mendukung stabilitas ekonomi nasional. Melalui sinergi yang solid, diharapkan kesejahteraan masyarakat dapat terus ditingkatkan seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. (Kominfo-lmj/Ard)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan