Arsip Harus Dijaga Sebagai Memori dan Bukti Sejarah
14 Juni 2024 | Dilihat 90 kali | Penulis Bobby . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Lumajang, Paimin mengingatkan masyarakat akan pentingnya menyimpan arsip dan berkas penting secara teratur dan aman. Menurut Paimin, pengelolaan arsip yang baik akan sangat membantu dalam berbagai urusan administrasi dan kepentingan lainnya.

"Diusahakan arsip atau berkas penting yang kita punya, seperti raport sekolah, ijazah, berkas pajak, dan arsip lainnya, ditaruh di tempat yang aman dan rapi agar mudah ditemukan," ungkapnya saat menjadi narasumber di acara Talkshow program Jelajah Informasi dan Berita (Jelita) Bersama Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang, dengan tema "Pentingnya Arsip dalam Kehidupan," di Studio LPPL Radio Suara Lumajang, Jumat (14/6/2024).

Dalam lingkup pemerintahan, Paimin menjelaskan tentang penerapan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis dan Terintegrasi (Srikandi) yang sudah mulai digunakan di berbagai Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lumajang.

"Aplikasi Srikandi memiliki beragam fitur yang mempermudah proses pembuatan hingga keluarnya arsip. Aplikasi ini juga mempermudah pegawai dalam menjalankan tugas mereka serta proses pengelompokan dan pemusnahan arsip. Oleh karena itu, saya berharap setiap PD dapat memanfaatkan aplikasi Srikandi dengan maksimal," tambah Paimin.

Lebih lanjut, Paimin menyatakan bahwa pada tahun 2025, semua lembaga pemerintahan, termasuk di wilayah Pemerintah Desa dan Kelurahan, wajib menggunakan aplikasi Srikandi.

Sementara itu, Arsiparis Disarpus Lumajang, Ainun Farida menambahkan bahwa Srikandi didirikan oleh empat lembaga, yakni Kementerian PAN-RB RI, Kementerian Kominfo, Badan Cyber dan Sandi Negara, serta Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Legalitas aplikasi Srikandi ini mengharuskan seluruh instansi pemerintahan, baik pusat maupun daerah, untuk menggunakan aplikasi tersebut dalam kegiatan administrasi dan pengarsipan.

"Aplikasi Srikandi digunakan oleh pemerintah pusat hingga daerah," jelas Ainun.

Ia juga menekankan pentingnya arsip sebagai memori atau bukti sejarah yang esensial dalam kehidupan dan edukasi. Oleh karena itu, arsip harus dijaga dengan baik agar tetap dapat digunakan di masa depan.

Dengan adanya upaya ini, diharapkan pengelolaan arsip di Kabupaten Lumajang dapat semakin baik, mendukung efisiensi administrasi, dan menjaga warisan dokumentasi yang penting bagi generasi mendatang. (Kominfo-lmj/Bob)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan