Momentum Iduladha, Kadis Lingkungan Hidup Ajak Masyarakat Kurangi Sampah
17 Juni 2024 | Dilihat 108 kali | Penulis Fadli . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang, Hertutik mengajak seluruh masyarakat untuk mengurangi sampah pada moment perayaan Hari Raya Iduladha. Hal tersebut diungkapkannya di sela kegiatannya, Minggu (16/6/2024).

"Moment Iduladha ini kami mengajak masyarakat untuk tidak menggunakan plastik atau bahan lain yang berpotensi menjadi sampah," ungkapnya.

Lebih lanjut diungkapkan, beberapa imbauan sudah dilakukan melalui berbagai platform media maupun imbauan berupa Surat Edaran Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang Nomor : 600.4.15/157/427.47/2024 tentang Imbauan Pelaksanaan Iduladha Tanpa Sampah Plastik, mengingat pada saat perayaan Hari Raya Iduladha sangat berpotensi terjadi peningkatan jumlah sampah.

"Gunakan alas Salat (sajadah, red) yang dapat dipakai ulang, jangan gunakan alas Salatsekali pakai untuk menghindari timbunan sampah, kemudian jangan tinggalkan sampah saat meninggalkan tempat salat," terang dia.

Selain itu, Hertutik juga mengimbau para pantia penyelenggara kurban, untuk tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai dalam kegiatan pembagian daging hewan Kurban.

"Bawa wadah guna ulang sendiri untuk mewadahi pembagian daging kurban, hindari penggunaan kantong plastik sekali pakai," pungkasnya.

Penggunaan kemasan ramah lingkungan pada kegiatan pembagian hewan kurban bisa dilakukan menggunakan besek bambu, besek daun kelapa dan besek daun pandan untuk membungkus daging kurban. (DLH/Fad)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan