Sikatan Daya 2024, Latihan Tempur TNI AU Perkuat Pertahanan, Dorong Ekonomi Lokal
20 Juni 2024 | Dilihat 521 kali | Penulis Andika . Redaktur Anam

Kabupaten Lumajang, Jawa Timur akan segera menjadi saksi dari rangkaian latihan tempur TNI Angkatan Udara dalam event Fire Power Demo "Sikatan Daya 2024". Latihan tersebut akan digelar di Air Weapons Range (AWR) Pandanwangi, Kecamatan Tempeh, pada tanggal 8 Juli 2024 mendatang.

Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni (Yuyun) menyambut baik kehadiran latihan tempur tersebut sebagai upaya TNI AU untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan latihan operasional mereka.

"Kami sangat antusias menyambut latihan tempur Sikatan Daya yang akan dilaksanakan di Lumajang. Selain sebagai bentuk kesiapsiagaan, kami juga melihat ini sebagai peluang untuk mempromosikan Lumajang sebagai destinasi military tourism," ungkap dia.

Dalam pertemuan dengan Kolonel Nav. Yohanas Ridwan dari Koopsud II TNI AU - Makassar, Pj. Bupati Indah Wahyuni menyatakan kesiapannya dalam mendukung persiapan teknis acara ini, termasuk persiapan sarana dan prasarana yang dibutuhkan.

"Kami berharap kegiatan ini tidak hanya memberikan hiburan, tetapi juga mendorong perputaran ekonomi lokal, seperti dukungan terhadap UMKM dan sektor lainnya," harapnya.

Sementara itu, Kolonel Nav. Yohanas Ridwan dari Koopsud II TNI AU - Makassar juga mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang.

"Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Lumajang dalam menyelenggarakan latihan tempur Sikatan Daya ini. Kami juga mengundang seluruh masyarakat Lumajang untuk turut serta menyaksikan prosesi latihan ini di AWR Pandanwangi," kata Kolonel Yohanas Ridwan.

Selain latihan tempur, kegiatan tersebut juga akan disertai dengan berbagai kegiatan sosial, termasuk layanan kesehatan gratis untuk masyarakat sekitar. Ini merupakan bagian dari komitmen TNI AU untuk berkontribusi positif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dengan adanya event Sikatan Daya 2024 di Lumajang, diharapkan akan memberikan dampak positif tidak hanya bagi kesiapsiagaan pertahanan negara, tetapi juga sebagai daya tarik baru untuk pariwisata daerah serta memperkuat hubungan positif antara TNI AU dan masyarakat. (Kominfo-lmj/Ad)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan