Profesionalisme Notaris Harus Dijaga untuk Perlindungan Hukum Masyarakat
02 Juli 2024 | Dilihat 124 kali | Penulis Ardi . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj/Arif

Penjabat (Pj.) Bupati Lumajang Indah Wahyuni yang akrab disapa Yuyun menekankan pentingnya peran Ikatan Notaris Indonesia (INI) dalam pembinaan dan pengawasan kode etik notaris.

Dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-116 INI yang digelar di Saujana Café Lumajang, Senin (1/7/2024), Yuyun mengingatkan betapa krusialnya peran notaris dalam menjaga perilaku dan tindakan profesional mereka agar terhindar dari penyalahgunaan yang dapat merugikan masyarakat.

Menurut Yuyun, notaris memiliki tanggung jawab besar dalam menjalankan profesi mereka dengan integritas dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Ia menekankan bahwa pembinaan dan pengawasan oleh INI sangat dibutuhkan untuk memastikan notaris bekerja dengan standar profesionalisme yang tinggi.

"Peran organisasi INI selaku lembaga pembinaan dan pengawasan kode etik notaris sangat penting. Notaris harus menjalankan profesi mereka dengan baik, meningkatkan kualitas profesionalisme, dan memberikan perlindungan hukum bagi masyarakat," ujar Yuyun.

Ia juga mengingatkan para notaris untuk selalu berpegang pada moral etika profesi dan undang-undang yang berlaku. Dengan begitu, notaris dapat menghasilkan akta autentik yang menjadi bukti hukum yang kuat dan memberikan kepastian serta perlindungan hukum kepada pihak-pihak yang terkait.

"Notaris harus menjaga perilaku dan tindakannya agar tidak rentan terhadap penyalahgunaan yang dapat merugikan masyarakat. Mari bersama-sama mematuhi dan memahami aturan yang berlaku," pungkasnya.

Dengan pengawasan yang ketat dan pembinaan yang konsisten, diharapkan para notaris di Lumajang dapat menjalankan tugas mereka dengan lebih baik, sehingga kepercayaan masyarakat terhadap profesi notaris dapat terus meningkat. (Kominfo-lmj/Ard)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan