Program Eco Pesantren Dorong Santri Jadi Pelopor Pola Hidup Berkelanjutan
02 Juli 2024 | Dilihat 151 kali | Penulis Fadli . Redaktur Anam
Foto : Dok. DLH-lmj

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang meluncurkan program Eco Pesantren dengan tujuan untuk mendorong masyarakat, khususnya di lingkungan pesantren, menerapkan pola hidup yang berwawasan lingkungan.

“Program ini bertujuan untuk mengedukasi dan membimbing santri dalam pengelolaan sampah secara mandiri, pelestarian lingkungan, serta menciptakan lingkungan yang sehat,” kata Kepala Bidang Pemeliharaan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang, Gunawan Eko dalam kegiatan pendampingan program Eco Pesantren di Pondok Pesantren Darul Muhajirin Desa Wonokerto Kecamatan Gucialit, Senin (1/7/2024)

Gunawan juga mengatakan, bahwa Eco Pesantren adalah inisiatif strategis pemerintah untuk membangun kesadaran lingkungan sejak dini di kalangan peserta didik pesantren. Dalam program tersebut, para santri diajarkan untuk mengelola sampah dengan benar, melakukan upaya pelestarian lingkungan seperti penghijauan, serta mempromosikan praktik-praktik ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.

"Kami ingin mendorong pesantren untuk menerapkan pola hidup yang berwawasan lingkungan, sehingga dapat memberikan contoh positif bagi masyarakat sekitar," ujar dia.

Ia menambahkan, bahwa program tersebut tidak hanya berfokus pada aspek pendidikan agama, tetapi juga memberikan pemahaman mendalam tentang pentingnya konservasi alam. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang juga mendorong pesantren untuk memanfaatkan potensi lokal dalam menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan berkelanjutan.

“Pendampingan dan sosialisasi yang kami lakukan mencakup berbagai aspek, mulai dari pengelolaan sampah, pemanfaatan lahan untuk penghijauan, hingga edukasi mengenai pentingnya menjaga ekosistem lokal,” imbuh dia.

Dengan demikian, diharapkan santri tidak hanya memiliki pengetahuan agama yang kuat, tetapi juga kesadaran lingkungan yang tinggi. (DLH/Fad)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan