Indeks Perkembangan Harga di Lumajang Stabil, Konsumen Tetap Nyaman
02 Juli 2024 | Dilihat 148 kali | Penulis Yongky . Redaktur Anam

Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Kabupaten Lumajang, Yudho Hariyanto mengungkapkan bahwa Indeks Perkembangan Harga (IPH) di Kabupaten Lumajang masih terpantau stabil. Hal tersebut menunjukkan bahwa harga bahan pokok di Lumajang masih relatif terkendali, memberikan kenyamanan bagi konsumen meskipun keuntungan pedagang sedikit menurun.

"Pantauan kita hingga Minggu ke-4 menunjukkan angka -0,24 atau deflasi, meski tidak terlalu dalam. Artinya, harga masih terjangkau oleh konsumen. Walaupun keuntungan pedagang sedikit menurun, ini masih dalam batas wajar. Kita masih aman," jelas Yudho usai mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) yang digelar secara virtual oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di kantornya, Selasa (2/7/2024).

Yudho juga menjelaskan, bahwa meskipun terjadi deflasi kecil, kondisi ini masih dapat diterima dan tidak mengganggu stabilitas harga di pasar. Pemerintah Kabupaten Lumajang terus berupaya menjaga kestabilan harga bahan pokok melalui berbagai langkah strategis dan koordinasi dengan berbagai pihak terkait.

Dalam Rakor TPID tersebut, dibahas juga berbagai langkah antisipatif untuk menghadapi potensi kenaikan harga di masa mendatang. Pemantauan harga secara berkala dan penyesuaian kebijakan akan terus dilakukan untuk memastikan kestabilan harga bahan pokok tetap terjaga.

Dengan stabilnya IPH di Lumajang, diharapkan masyarakat dapat tetap merasa nyaman dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari, sementara pemerintah terus berkomitmen untuk mengawal dan menjaga kestabilan ekonomi daerah. (Kominfo-lmj/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan