Tanaman Hias Bukan Sekadar Hiasan Rumah, Namun Juga Sumber Ekonomi Baru
04 Juli 2024 | Dilihat 147 kali | Penulis Bobby . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj/Arif

Tanaman hias kini tidak hanya menjadi pemanis dalam keindahan rumah, tetapi juga telah membuktikan potensi ekonominya yang signifikan. Hal tersebut terbukti dengan semakin banyaknya petani dan penjual tanaman hias di berbagai daerah.

Ketua Puspa Semeru Lumajang menyoroti popularitas tanaman hias yang tengah meningkat pesat di pasaran. Jenis tanaman seperti monstera, philodendron, caladium, anggrek, dan lainnya menjadi favorit para kolektor maupun untuk dekorasi taman dan rumah.

"Dengan meningkatnya minat kolektor terhadap tanaman hias, ini memberikan dampak positif bagi para petani dan penjual tanaman hias," ungkapnya saat dalam acara Talkshow program Jelajah Informasi dan Berita (Jelita), di Studio LPPL Radio Suara Lumajang, Rabu (4/7/2024).

Ia juga mengungkapkan bahwa Paguyuban Puspa Semeru bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Lumajang untuk menggelar Bursa Tanaman Hias Puspa Semeru dan UMKM. Tujuan acara tersbeut adalah untuk mendorong semangat para penggiat tanaman hias di Lumajang dalam memamerkan hasil karyanya sekaligus meningkatkan perekonomian mereka.

"Bagi petani tanaman hias yang tidak bisa menjual langsung di luar daerahnya, kami menyediakan platform seperti acara bursa tanaman hias ini untuk mempromosikan dan memasarkan tanaman hias mereka secara lebih luas," terang dia.

Acara rutin tahunan tersebut digelar mulai tanggal 29 Juni hingga 14 Juli 2024 di Alun-alun sisi timur Lumajang. Selain memamerkan dan menjual berbagai macam tanaman hias, acara tersebut juga menampilkan berbagai produk UMKM lokal yang bisa menjadi alternatif ekonomi bagi masyarakat.

Agrista berharap agar Pemerintah Kabupaten Lumajang terus mendukung UMKM di daerah, terutama bagi petani dan penjual tanaman hias, guna meningkatkan perekonomian lokal dan mengangkat potensi tanaman hias khas Lumajang ke tingkat nasional.

Di bursa tanaman hias tersebut, pengunjung dapat menemukan berbagai jenis tanaman hias yang unik dengan harga yang terjangkau, cocok sebagai penghias halaman atau taman rumah serta menjadi koleksi pribadi yang memikat. (Kominfo-lmj/Bob)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan