Rombongan Terakhir Jemaah Haji Lumajang Tiba dengan Selamat, Satu Jemaah Wafat di Tanah Suci
06 Juli 2024 | Dilihat 126 kali | Penulis Yongky . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj/Arif

Kloter terakhir jemaah haji Kabupaten Lumajang, yakni kloter 51, tiba dengan selamat di Lumajang. Rombongan yang terdiri dari 190 jemaah ini disambut hangat oleh Plt. Asisten Administrasi Sekda Lumajang Akhmad Taufik Hidayat, di Pendopo Arya Wiraraja pada Sabtu (6/7/2024) pagi.

"Alhamdulillah, jemaah haji Indonesia telah tiba di Lumajang. Meskipun masih ada dua orang yang tertinggal di Madinah, dan hari ini ada yang langsung masuk ke rumah sakit karena kondisi kesehatannya," ujar Akhmad Taufik Hidayat.

Kepulangan jemaah haji Lumajang dilakukan secara bertahap. Kloter 47 yang terdiri dari 366 jemaah tiba di Pendopo Arya Wiraraja pada Jumat, 5 Juli 2024 pukul 15.00 WIB. Kloter 48, juga terdiri dari 366 jemaah, tiba pada Sabtu, 6 Juli 2024 pukul 02.30 WIB. Dan kloter terakhir, kloter 51, dengan 190 jemaah, tiba pada Sabtu, 6 Juli 2024 pukul 07.00 WIB.

Sayangnya, satu jemaah haji asal Lumajang tercatat meninggal dunia di tanah suci. Mendiang adalah KH. Dimas Abdul Adzim, pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Bustanul Ulum Desa Krai, Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang.

Akhmad Taufik menyampaikan rasa syukurnya atas kembalinya para jemaah haji yang telah menyempurnakan keislamannya dengan menjalankan ibadah haji.

"Menjadi suatu kebahagiaan bagi kami menyambut kedatangan para tamu-tamu Allah yang telah menyelesaikan ibadah yang tidak mudah dijalankan oleh semua umat Islam. Secara keseluruhan, pelaksanaan ibadah haji berjalan lancar. Semoga menjadi haji yang mabrur," tambahnya.

Kedatangan kloter terakhir tersebut menandai berakhirnya perjalanan spiritual yang penuh makna bagi para jemaah haji Lumajang, membawa kebahagiaan dan harapan baru bagi keluarga serta masyarakat yang menunggu dengan penuh haru. (Kominfo-lmj/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan