Evaluasi Triwulan III Pj. Bupati Lumajang Fokus pada Inflasi hingga Digitalisasi UMKM
05 Juli 2024 | Dilihat 100 kali | Penulis Yongky . Redaktur Anam

Penjabat (Pj.) Bupati Lumajang Indah Wahyuni (Yuyun) menyampaikan evaluasi kinerja Triwulan III masa penugasannya di Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri Jakarta, Kamis (4/7/2024).

Dalam paparannya, Pj. Bupati Lumajang menyoroti beberapa aspek penting seperti inflasi, stunting, BUMD, layanan publik, tingkat pengangguran, kemiskinan ekstrem, kesehatan, penyerapan anggaran, program unggulan, dan perizinan.

Tim evaluasi dari Inspektorat Jenderal Kemendagri memberikan apresiasi atas upaya Pj. Bupati Lumajang dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Evaluasi tersebut mencakup berbagai aspek tata kelola pemerintahan, pembangunan, keuangan, serta implementasi program-program strategis.

Dalam konteks inflasi, Yuyun menyatakan bahwa Indeks Perkembangan Harga (IPH) Kabupaten Lumajang stabil. Meskipun demikian, Pemerintah Kabupaten Lumajang terus berupaya mengendalikan IPH untuk mencegah lonjakan harga bahan pokok. Salah satu langkah konkret adalah melalui operasi pasar murah dan Gerakan Pangan Murah (GPM).

"Kami juga menjalin kerja sama dengan Kota Malang untuk strategi pengendalian inflasi. Lumajang dikenal sebagai sentra beras dan cabai, dan kerja sama ini penting untuk menjaga rantai pasokan dan distribusi," jelasnya.

Selama masa penugasannya, Yuyun mengimplementasikan berbagai inovasi, termasuk percepatan digitalisasi dengan pengembangan aplikasi "Lumajang Tulen" atau Lumajang Tumbas Online. Hal tersebut bertujuan untuk mendukung produk UMKM Lumajang dalam platform digital.

Selain itu, ia juga menginisiasi "Lapor Bu Pj" sebagai saluran pengaduan masyarakat, memperluas penggunaan QRIS untuk pembayaran, dan menerapkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah.

"Penguatan UMKM adalah fokus utama kami. Dengan digitalisasi katalog produk UMKM, kami berharap ekonomi lokal semakin maju," tambahnya. (Kominfo-lmj/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan