Loemadjang Mbiyen Season 4 Memperkenalkan Kearifan Lokal Candipuro ke Seluruh Nusantara
05 Juli 2024 | Dilihat 116 kali | Penulis Bobby . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang aktif mempromosikan event tahunan Loemadjang Mbiyen Season 4 yang akan digelar di Kecamatan Candipuro. Selain mengandalkan media sosial (Medsos), Dispar juga menggunakan radio sebagai sarana utama untuk menyebarkan informasi mengenai event tersebut

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang Yuli Harismawati menekankan bahwa Loemadjang Mbiyen kali ini mengusung konsep unik dengan memadukan tradisi tempo dulu dan budaya khas Kecamatan Candipuro.

Lanjut dia, konsep tersebut diharapkan dapat menarik perhatian pengunjung tidak hanya dari dalam Kabupaten Lumajang tetapi juga dari luar daerah.

"Event ini bukan hanya sekadar atraksi budaya, tapi juga menggabungkan unsur pariwisata. Kami berharap dapat menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mengenal dan menikmati kekayaan budaya yang ada di Candipuro," ujar Yuli Harismawati dalam acara Talkshow program Jelajah Informasi dan Berita (Jelita), di LPPL Radio Suara Lumajang, Jumat (5/7/2024).

Yuli juga menegaskan komitmen Dinas Pariwisata dalam mempromosikan potensi pariwisata Lumajang, terutama melalui event-event budaya seperti Loemadjang Mbiyen.

Dirinya juga menyebutkan bahwa event tersebut juga menjadi bagian dari rangkaian Candipuro Culture Festival 2024 yang berlangsung dari tanggal 6 hingga 14 Juli 2024.

"Selain memperlihatkan potensi desa wisata dan UMKM dari berbagai kecamatan di Lumajang, festival ini juga menampilkan berbagai kegiatan adat dan budaya yang khas, seperti Pawai Seribu Obor, Grebeg Suro, Ritual Ruwat Air, dan lainnya," tambahnya.

Event Loemadjang Mbiyen Season 4 diharapkan tidak hanya menjadi ajang hiburan semata, tetapi juga sebagai wadah untuk memperkenalkan dan melestarikan kearifan lokal serta memajukan sektor pariwisata Kabupaten Lumajang. (Kominfo-lmj/Bob)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan