Loemadjang Mbiyen #4, Ribuan Pengunjung Nikmati Keunikan Budaya Lumajang
07 Juli 2024 | Dilihat 140 kali | Penulis Yongky . Redaktur Anam

Ribuan masyarakat tumpah ruah menikmati kemeriahan event tahunan Loemadjang Mbiyen #4 yang dihelat di Wisata Hutan Bambu Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, pada Minggu pagi (7/7/2024).

Event yang dibuka secara resmi oleh Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni (Yuyun) tersebut merupakan bagian integral dari Candipuro Culture Festival 2024 yang berlangsung mulai tanggal 6 hingga 14 Juli 2024.

Dalam sambutannya, Indah Wahyuni menegaskan bahwa Loemadjang Mbiyen adalah sebuah event tahunan yang memadukan tradisi dan budaya khas Kabupaten Lumajang dengan konsep yang unik dan autentik.

“Event ini bertujuan untuk mempromosikan potensi pariwisata Lumajang, terutama melalui budaya lokal yang kaya dan beragam,” ujarnya.

Ucapan terima kasih pun disampaikan kepada jajaran pemerintah desa dan Kecamatan Candipuro serta Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang atas inisiasi dan penyelenggaraan kegiatan tersebut. Indah berharap event ini dapat menarik pengunjung baik dari dalam maupun luar Kabupaten Lumajang, sehingga berkontribusi pada peningkatan perekonomian masyarakat setempat.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang, Yuli Harismawati, mengungkapkan bahwa Loemadjang Mbiyen adalah ajang untuk mempromosikan serta mengkomunikasikan keunikan potensi pariwisata, ekonomi kreatif, produk unggulan lokal, serta seni dan budaya Kabupaten Lumajang.

“Event ini diharapkan mampu membentuk citra Kabupaten Lumajang sebagai destinasi wisata yang berlandaskan kearifan lokal, serta mendorong pertumbuhan usaha yang menghasilkan produk unggulan lokal dan ekonomi kreatif,” ungkap dia.

Loemadjang Mbiyen #4 menyajikan berbagai kegiatan menarik, termasuk pameran potensi daerah yang diikuti oleh 26 stand dari kecamatan dan desa, pasar rakyat dengan 16 stand, serta partisipasi dari Bank Jatim dan pusat informasi pariwisata.

Event tersebut juga dimeriahkan oleh pertunjukan kelompok kesenian angklung, Tari Bedoyo, dan fashion show yang diikuti oleh semua Perangkat Daerah (PD) di Lingkungan Pemkab Lumajang.

Tak hanya itu, event ini akan menampilkan berbagai kegiatan adat dan budaya khas Lumajang seperti Pawai Seribu Obor, Grebeg Suro, dan Ritual Ruwat Air, yang menambah kekayaan dan keberagaman budaya yang ditawarkan kepada para pengunjung.

Dengan kemasan acara yang kaya akan budaya dan tradisi, Loemadjang Mbiyen #4 tidak hanya menjadi ajang hiburan, tetapi juga sarana edukasi dan promosi bagi potensi pariwisata serta produk unggulan Kabupaten Lumajang.

Melalui event tersebut, diharapkan Lumajang dapat semakin dikenal sebagai daerah destinasi wisata yang memikat hati wisatawan, konsumen, pengusaha, dan stakeholder lainnya. (Kominfo-lmj/Ad)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan