Pentingnya Asupan Gizi Seimbang dan Kontrol Rutin Kesehatan Bayi untuk Cegah Stunting
10 Juli 2024 | Dilihat 79 kali | Penulis Bobby . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat di Dinas Kesehatan P2KB Kabupaten Lumajang, Indah Kusumawati, menekankan pentingnya peran orangtua dalam mencegah stunting pada anak-anak mereka.

Menurut Indah, memberikan asupan gizi yang sehat dan seimbang serta rutin mengontrol kesehatan bayi atau balita adalah langkah kunci dalam pencegahan stunting.

"Stunting merupakan gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak yang disebabkan oleh kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang. Hal ini ditandai dengan panjang atau tinggi badan yang berada di bawah standar yang ditetapkan WHO," jelas dia dalam dalam acara Talkshow program Jelajah Informasi dan Berita (Jelita), di LPPL Radio Suara Lumajang, Selasa (9/7/2024).

Untuk mencegah stunting, Indah menegaskan bahwa orangtua harus memastikan anak-anak mereka menerima nutrisi yang cukup dan seimbang sejak dini.

"Memberikan asupan gizi yang sehat dan seimbang sangat penting. Selain itu, orangtua juga harus rutin mengontrol kesehatan bayi atau balita dengan membawa mereka ke posyandu setiap bulan," tegas dia.

Indah juga mengingatkan bahwa peran orangtua sangat krusial dalam memantau pertumbuhan dan perkembangan anak.

"Pemantauan rutin di posyandu memungkinkan deteksi dini masalah pertumbuhan sehingga bisa segera ditangani," katanya.

Dengan kesadaran dan tindakan proaktif dari orangtua, diharapkan kasus stunting di Kabupaten Lumajang dapat berkurang signifikan. Indah Kusumawati optimis bahwa dengan upaya bersama, generasi sehat dan bebas stunting bisa tercapai. (Kominfo-lmj/Bob)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan