Peringatan HKN Ke 56 Tahun 2020 digelar bersama Deklarasi ODF Kecamatan Jatiroto
17 November 2020 | Dilihat 158 kali | Penulis Dika . Redaktur Fadly
Foto : Dok. Kominfo-Lmj

Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang, Ny. Musfarinah Thoriq berpesan kepada masyarakat agar tetap peduli dan sadar akan kebersihan lingkungan, sehingga komitmen ODF tidak berhenti dan dapat berkelanjutan di desa masing-masing.

"Saya ucapkan terimakasih dan selamat kepada Camat Jatiroto berserta aparat dan kader serta masyarakat Kecamatan Jatiroto yang berproses mencapai Kecamatan Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) yang itu merupakan pilar sanitasi total berbasis masyarakat (STBM)," ujarnya.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri Kegiatan Deklarasi Komitmen ODF (Open Defecation Free) Kecamatan Jatiroto dan Bakti Sosial Hari Kesehatan Nasional Ke 56 Kabupaten Lumajang Tahun 2020, bertempat di Pendopo Kantor Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang, Selasa (17/11/2020).

Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang menyampaikan, tujuan penyelenggaraan Kegiatan Deklarasi Komitmen ODF Kecamatan adalah guna mengumumkan kepada masyarakat luas bahwa kecamatannya sudah stop buang air besar sembarangan. Untuk itu, dalam penyelenggaraan pembangunan, diharapkan dapat mewujudkan pembangunan berwawasan kesehatan lingkungan.

"Salah satu wujud nyatanya berupa penyiapan Kecamatan STBM (Sanitasi Total Sumberdaya Masyarakat) terdiri dari lima pilar yaitu; stop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, pengolahan makanan dan minuman rumah tangga, pengolahan sampah rumah tangga serta pengolahan limbah cair rumah tangga," jelasnya.

Ia menambahkan, Kecamatan ODF selanjutnya diharapkan sebagai Kecamatan STMB yang merupakan cikal bakal dari terwujudnya Kabupaten Sehat. Kabupaten Sehat sendiri dimaknai sebagai suatu kondisi kesehatan yang bersih, nyaman, aman untuk dihuni. Oleh karena itu, keberhasilan penyelenggaraan Kegiatan STBM sangat penting dan menjadi ujung tombak, sehingga semuanya harus terus bekerja keras secara bersama-sama guna mencapai akses sanitasi yang bagus.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang, Ester Pramedina melaporkan, Kegiatan Deklarasi Komitmen ODF Kecamatan Jatiroto Tahun 2020 digelar bersamaan dengan Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke 56 Tahun 2020 Kabupaten Lumajang. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Peringatan HKN tahun ini digelar secara sederhana, mengingat saat ini masih dalam masa Pandemi Covid-19.

Dalam kesempatan tersebut, dilaksanakan pula kegiatan bakti sosial dengan menyerahkan 118 jamban sehat yang diberikan kepada masyarakat di enam desa di Kecamatan Jatiroto.

"Mudah-mudahan bantuan jamban sehat ini bisa bermanfaat dan dapat dijadikan pemicu buat masyarakat lainnya agar tidak membuang air besar sembarangan. Semoga komitmen ini akan berkelanjutan," pungkasnya. (Kominfo-Lmj/ad)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan