Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, Masyarakat Diajak untuk Gerak Bersama dalam Upaya Mitigasi Bencana
26 April 2024 | Dilihat 407 kali | Penulis Ajeng . Redaktur Anam

Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni (Yuyun) mengambil inisiatif untuk menjadikan Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional tahun 2024, sebagai momentum penting untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana.

Dalam acara yang digelar di Sungai Kali Bokong Desa Sawaran Kulon Kecamatan Kedungjajang, Kabupaten Lumajang, Jumat (26/4/2024), Yuyun menyampaikan apresiasi kepada pihak Kecamatan Kedungjajang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, serta Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang atas upaya mereka dalam menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Lumajang menyoroti kondisi saat ini yang masih dalam status tanggap darurat bencana, terutama banjir dan tanah longsor. Dirinya menegaskan pentingnya partisipasi aktif dari seluruh pemangku kepentingan di Lumajang untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya kesiapsiagaan.

"Kami mengajak seluruh stakeholders yang ada di Lumajang untuk bersatu dalam menjaga lingkungan dan menyebarkan pemahaman tentang kesiapsiagaan kepada masyarakat. Langkah sederhana seperti tidak membuang sampah sembarangan di sungai dan tidak menebang pohon secara sembarangan dapat menjadi kontribusi berarti dalam mengurangi risiko bencana," ujar Yuyun.

Lebih lanjut, Yuyun menekankan pentingnya kerja bakti dan gotong royong dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar sungai. Oleh karena itu, ia meminta agar masyarakat ikut berperan aktif dalam membersihkan sungai dari ranting-ranting pohon yang bisa mengganggu aliran air.

Sementara itu, Camat Kedungjajang Samsul Nurul Huda menyampaikan tema yang diangkat dalam Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional tahun 2024, yaitu 'Indonesia Tangguh Indonesia Hebat' dengan pesan utama 'Siap untuk Selamat'.

Setelah apel dilaksanakan, kegiatan dilanjutkan dengan pemukulan kentongan dan penggunaan sirine sebagai simbol kesiapsiagaan, serta kerja bakti bersama di sepanjang Sungai Kali Bokong.

Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional di Lumajang tahun ini tidak hanya menjadi momen untuk mengenang dan menghargai korban bencana, tetapi juga menjadi panggilan bagi masyarakat untuk bersama-sama bergerak dalam upaya pencegahan dan penanganan bencana di masa mendatang. (Kominfo-lmj/Aj)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan