Penanganan Normalisasi Sungai Kali Asem Segera Dilakukan, Target Selesai dalam Empat Bulan
25 April 2024 | Dilihat 413 kali | Penulis Fadly . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj/Arif

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, Jawa Timur segera melakukan upaya normalisasi sungai Kali Asem sebagai langkah preventif untuk mencegah terulangnya banjir akibat luapan sungai.

"Normalisasi sedang kami lakukan, kami juga akan membuka jalan bagi alat berat. Hari ini, alat berat sudah siap, tapi masih menuju ke hulu terlebih dahulu. InsyaAllah, kami akan segera mengerahkan alat berat ini ke sini (Jembatan Jagalan, red)," ujar Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni (Yuyun) saat melakukan peninjauan di lokasi sungai Kali Asem, di Jembatan Jagalan Kelurahan Rogotrunan, Kamis (25/4/2024).

Pj. Bupati Lumajang menetapkan target penyelesaian normalisasi dalam waktu empat bulan mendatang. Langkah tersebut diambil mengingat sungai Kali Asem membentang hampir di seluruh wilayah perkotaan Lumajang.

"Kami memperkirakan waktu sekitar empat bulan, mengingat panjang sungai yang melintasi berbagai wilayah di Kota Lumajang, termasuk arah dam boreng," katanya.

Selain itu, upaya penanganan juga dilakukan terhadap kerusakan tanggul di sungai Kali Asem di Kelurahan Rogotrunan dan Kelurahan Citrodiwangsan. Pemasangan bronjong darurat dari karung pasir dan sesek bambu telah dilakukan untuk memperbaiki kerusakan tersebut.

"Kami juga telah melakukan perbaikan tanggul bantaran sungai yang rusak. Saat ini, tanggul tersebut diperkuat dengan sak pasir sementara, dan nantinya akan dipasang sesek untuk memperkuatnya dan mencegah terulangnya banjir," pungkasnya. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan