2023, Pemkab Lumajang Fokus Prioritaskan Peningkatan IPM dan Infrastruktur untuk Akses Pariwisata dan Industri
30 Maret 2022 | Dilihat 616 kali | Penulis Andika . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Lumajang Tahun 2023, di Bumi Perkemahan Glagah Arum Kabupaten Lumajang, Rabu (30/3/2022).

Kegiatan tersebut, bertemakan "Optimalisasi reformasi struktural untuk percepatan pembangunan berkelanjutan".

Dalam sambutannya, Cak Thoriq menyampaikan, bahwa sejak terjadinya pandemi COVID-19 dalam 2 tahun terakhir cukup mengganggu perjalanan program-program pembangunan yang telah direncanakan oleh pemerintah. Hal itu, salah satu penyebab pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Lumajang menjadi stagnan dan adanya kelambatan progresivitas dalam pembangunan infrastruktur.

"Kita bersyukur tahun lalu ada pinjaman PEN sehingga problem infratruktur itu bisa diselesaikan dalam waktu cepat di akhir tahun 2021 dan diawal tahun 2022. Semoga dalam rentan waktu kedepan bisa melanjutkan," ujarnya.

Selain itu, disampaikan Cak Thoriq, bahwa fokus progam kerja di tahun 2023 yang diprioritaskan Pemkab Lumajang, yakni melanjutkan sejumlah program yang terhambat, peningkatan Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM), serta peningkatan infrastruktur untuk akses pariwisata dan akses industri.

"Beberapa program yang sempat terhambat, misalnya mall pelayanan publik, peningkatan IPM yang progresnya harus lebih naik lagi, akses pariwisata yang harus segera dibuka kembali, serta akses industri yang ruangnya harus dibuka lebih luas," katanya.

Dirinya berharap, agar pembahasan dalam Musrenbang kali ini bisa menyelesaikan target RKPD yang direncanakan.

"Dari semua hal yang dibahas dan dievaluasi termasuk program yang lalu dan perencanaan tahun yang akan datang itu dibahas di Musrenbang ini, dan perencanaan percepatan di tahun 2023 harus segera diselesaikan, dengan progres yang sudah melalui tahapan evaluasi," terang dia.

Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan beberapa penyerahan antara lain :
- Penyerahan sertifikat tanah Pemerintah Lumajang sebanyak 52 bidang dari BPN yang diterima langsung oleh Bupati Lumajang.
- Anugerah Pangripta Arya Wiraraja Tahun 2022 kategori penyelenggaraan Musrenbang RKPD tahun 2023 di kecamatan yang diterima oleh Kec. Yosowilangun, Pronojiwo dan Kedungjajang.
- Anugerah Pangripta Arya Wiraraja tahun 2022 kategori perangkat daerah terinovatif yang diterima oleh Dinas Kesehatan PP dan KB, Dispendukcapil dan BKD.
- Anugerah Pangripta Arya Wiraraja tahun 2022 kategori penyusun perubahan Renstra PD tahun 2018-2023 yang diterima oleh Dinas PU, DPMPTSP dan Inspektorat.
- Santunan jaminan kematian BPJS Ketenagakerjaan yang diserahkan kepada Alm. Rakhmad Darmawan Perangkat Desa Banyuputih Kidul, Rifai Perangkat RT/RW Kec. Klakah, dan Samtono BPD Desa Yosowilangun Kidul.
(Kominfo-lmj/Ad)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan