Percepatan Pengurusan Tanah Stokpile Terpadu, Bupati Datangi Kantor PTPN X
22 Oktober 2020 | Dilihat 94 kali | Penulis Bobby . Redaktur Fadly
Foto : Dok. Kominfo-Lmj

Guna mempercepat proses penggunaan tanah untuk pembangunan stokpile terpadu, Bupati Lumajang Thoriqul Haq didampingi beberapa Kepala Perangkat Daerah (PD) Pemkab Lumajang mendatangi Kantor PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) X di Surabaya untuk menindak lanjuti kunjungan pihak PTPN X ke Kabupaten Lumajang beberapa waktu yang lalu, ini terkait proses dengan penggunaan tanah milik PTPN X di Wilayah Kecamatan Sumbersuko.

Dalam kesempatan itu, Bupati Lumajang beserta beberapa Kepala Perangkat Daerah disambut baik oleh Direktur PTPN X, Aris Toharisman beserta jajarannya di acara Rapat Koordinasi terkait Tindak Lanjut Penggunaan Tanah Milik PTPN X untuk Pembangunan Stokpile Terpadu Kabupaten Lumajang, bertempat di Ruang Rapat Kantor PTPN X Surabaya, Rabu (21/10/20).

Cak Thoriq sapaan akrab Bupati Lumajang menerangkan bahwa di Kabupaten Lumajang saat ini memiliki problematika terkait pertambangan pasir yang mengakibatkan berbagai masalah di masyarakat. Dari hal itu, dirinya berinisiasi membuat program stockpile terpadu yang bertujuan untuk menuntaskan persolan pertambangan pasir di Kabupaten Lumajang.

"Carut-marut ini kami coba tuntaskan satu persatu, hingga akhirnya ada semacam inovasi yang menurut kami berdasarkan permasalahan publik yang harus diselesaikan," jelasnya.

Bupati juga menjelaskan bahwa pihaknya telah mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam percepatan pembangunan stokpil tersebut, oleh sebab itu, Pemkab Lumajang saat ini terus berusaha untuk menyelesaikan segala urusan dan persyaratan dalam proses pengurusannya. Dirinya berkeinginan melalui rakor ini pihak PTPN X juga ikut mendukung dalam percepatan pembangunan stockpile terpadu di Lumajang.

"Begitu ini menjadi tata kelola yang betul-betul bagi kami, bisa menata seluruh pertambangan pasir yang ada di Kabupaten Lumajang serta hal ini menjadi prototype dalam pengelolaan pertambangan pasir," ungkapnya.

Lebih lanjut, Cak Thoriq berharap ada titik temu serta hasil yang baik bagi pihak Pemkab Lumajang dengan PTPN X terkait penggunaan tanah untuk pembangunan stokpile terpadu di Daerah Kecamatan Sumbersuko, Kabupaten Lumajang.

"Dengan lahan tanah sekitar 6,1 hektar itu, tentu sangat representatif untuk dijadikan stokpile terpadu," harap bupati.

Di sisi lain, Direktur PTPN X, Aris Toharisman mengungkapkan bahwa dirinya siap mendukung pihak Pemkab Lumajang dalam penggunaan lahan tanahnya untuk digunakan sebagai stokpile terpadu.

"Prinsipnya kami mensuport kegiatan bapak bupati, sebab hal itu memiliki manfaat untuk kemaslahatan masyarakat banyak dan itu menjadi dasar bagi kami," ungkapnya.

Ia juga berkeinginan bahwa di acara rakor ini bisa memberikan hasil serta manfaat yang baik untuk Pemerintah Kabupaten Lumajang, utamanya bagi masyarakat.

"Mudah-mudahan dari pertemuan ini ada hal yang bisa kita kerjasamakan dan saling menguntungkan baik dari PTPN X maupun dari Pemkab Lumajang serta masyarakat," ujarnya. (Kominfo-lmj/Bob).

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan