Bimtek Penguatan Literasi Digital, Desa Sidorejo Siap Menyambut Era Digital
04 Juli 2024 | Dilihat 79 kali | Penulis Lyster . Redaktur Anam
Foto : Dok. Disarpus-lmj

Desa Sidorejo aktif mengambil bagian dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Penguatan Literasi Digital Masyarakat di Auditorium Perpustakaan Kota Lumajang, Rabu (3/7/2024). Acara tersebut merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kemampuan penduduk desa dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif.

Kepala Desa Sidorejo Heru Subiantoro saat dimintai keterangan di sela kesibukannya, Kamis (4/7/2024), mengungkapkan pentingnya kegiatan ini sebagai upaya untuk menggerakkan masyarakat desa menuju literasi digital yang lebih baik.

"Penguatan literasi digital adalah langkah penting dalam memajukan desa kita, terutama dalam menghadapi era digital seperti sekarang ini," ujarnya.

Bimtek tersebut menghadirkan Yoga Pratama, Pelatih Ahli dan Ketua Komunitas "NGAJAR" dari Lampung untuk memberikan materi tentang strategi-strategi efektif untuk meningkatkan literasi digital di tingkat desa.

Adapun Beberapa poin penting yang disorot dalam materi tersebut meliputi melibatkan sekolah-sekolah dan institusi pendidikan lokal, membangun pusat komunitas digital, serta melibatkan pemuda desa sebagai penggerak utama dalam program literasi digital.

Yoga Pratama juga menyarankan kolaborasi yang erat dengan pemerintah, LSM, dan perusahaan teknologi untuk mendukung program literasi digital ini.

"Kolaborasi ini penting untuk memperluas akses pendidikan, ekonomi, dan kesejahteraan sosial di desa kita," tambahnya.

Menurut Heru, perpustakaan desa memiliki peran penting dalam menyebarkan informasi dan edukasi tentang literasi digital melalui berbagai media, seperti radio desa, poster, dan media sosial.

"Kami berharap dengan langkah-langkah ini, literasi digital di Desa Sidorejo dapat meningkat signifikan, membuka peluang baru dalam pendidikan, ekonomi, dan kesejahteraan sosial," harapnya.

Kegiatan Bimtek tersebut diharapkan tidak hanya memberikan contoh sukses dalam penggunaan teknologi di tingkat lokal, tetapi juga memotivasi masyarakat desa untuk aktif dan berpartisipasi dalam era digital yang semakin maju. (KIM Sidorejo/Lyster)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan