Inovasi Pupuk Organik Lumajang Bersaing di Tingkat Nasional
26 Juni 2024 | Dilihat 112 kali | Penulis Andika . Redaktur Anam

Kabupaten Lumajang, Jawa Timur diwakili oleh Asriafi ATH Tha'ariq dari Suko, Kelurahan Rogotrunan Kecamatan Lumajang berkompetisi di tingkat nasional mewakili Provinsi Jawa Timur dengan inovasi pengolahan limbah pertanian dan peternakan menjadi pupuk organik Bokashi NPK Plus Biochar dan Cocopeat.

Inovasi yang diusung oleh Asriafi tersebut menjadi salah satu peserta dalam lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) unggulan tingkat nasional yang diadakan pada Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) ke-25 Tahun 2024.

“Kompetisi ini diharapkan dapat memunculkan solusi kreatif dan berkelanjutan dalam mengatasi masalah limbah pertanian dan peternakan, sekaligus mendukung pertanian organik di Indonesia,” kata Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni (Yuyun) saat mengikuti zoom dalam rangka lomba TTG unggulan tingkat nasional dalam rangka Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) ke - 25 Tahun 2024, di Ruang Mahameru Kantor Bupati Lumajang, Selasa (25/6/2024) malam.

Menurutnya Yuyun, Inovasi Bokashi NPK Plus Biochar dan Cocopeat yang dikembangkan oleh Asriafi memanfaatkan limbah yang sebelumnya tidak bernilai menjadi produk pupuk organik yang kaya akan nutrisi dan ramah lingkungan. Proses pengolahan tersebut tidak hanya mengurangi limbah tetapi juga menyediakan alternatif pupuk yang lebih ekonomis dan berkelanjutan bagi para petani.

Partisipasi Asriafi dalam kompetisi tingkat nasional tersebut merupakan bukti komitmen Kabupaten Lumajang dalam mendukung pengembangan teknologi tepat guna yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Diharapkan, inovasi ini dapat memberikan dampak positif yang signifikan dalam meningkatkan produktivitas pertanian serta mendukung terwujudnya pertanian organik yang lebih sehat dan ramah lingkungan di Indonesia,” harapnya.

Selain itu, keberhasilan Asriafi dalam kompetisi ini diharapkan dapat menginspirasi generasi muda lainnya untuk terus berinovasi dan mencari solusi kreatif dalam berbagai bidang, khususnya yang berkaitan dengan pertanian dan lingkungan. (Kominfo-lmj/Ad)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan