Perlindungan bagi Penyandang Disabilitas Sama Pentingnya dengan Pemenuhan Hak
28 Juni 2024 | Dilihat 71 kali | Penulis Bobby . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Pemenuhan hak-hak dasar penyandang disabilitas menjadi perhatian khusus bagi pemerintah dan masyarakat. Anggota Komisi A DPRD Lumajang, Zaenal Abidin menekankan pentingnya kebersamaan dalam memberikan perhatian kepada kaum difabel demi mewujudkan rasa kesetaraan dalam kehidupan mereka.

"Pemenuhan hak penyandang disabilitas menjadi tanggung jawab kita bersama, bukan hanya Dinsos P3A saja," ungkap Zaenal saat menjadi narasumber dalam acara Talkshow program Jelajah Informasi dan Berita (Jelita), di LPPL Radio Suara Lumajang, Kamis (27/6/2024).

Dengan adanya Perda Nomor 4 Tahun 2024, Zaenal Abidin berharap para penyandang disabilitas dapat memanfaatkan berbagai program pemerintah yang dirancang untuk meningkatkan wawasan, pengalaman kerja, serta taraf hidup mereka.

"Banyak sekali program-program dari pemerintah, tinggal bagaimana teman-teman disabilitas memanfaatkannya," tambahnya.

Senada dengan Zaenal, Anggota Komisi A DPRD Lumajang, Reza Hadi Kurniawan menegaskan pentingnya memberikan perlindungan kepada kaum difabel selain memenuhi hak-hak mereka.

"Teman-teman disabilitas dengan segala keterbatasan ini juga harus diberikan perlindungan," ujarnya.

Tema talkshow tersebut, "Penyelenggaraan Penghormatan, Pelindungan, dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas," dijelaskan oleh Penyuluh Hukum Muda Bagian Hukum Setda Lumajang, Riza Selfi Hidayanti.

Ia menekankan bahwa tema tersebut telah diatur dalam Perda No. 4 Tahun 2024, yang memastikan penyandang disabilitas memiliki hak yang sama untuk mendapatkan kesempatan hidup yang adil dan bermartabat, sesuai amanat UU Nomor 8 Tahun 2016.

"Dengan adanya Perda ini, diharapkan sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap hak asasi yang bersifat universal dan harus dilindungi, dipenuhi, dan dihormati," jelas Riza. (Kominfo-lmj/Bob)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan