Ribuan Bibit Pohon Ditanam di Sumber Takir untuk Keharmonisan Alam
26 Juni 2024 | Dilihat 76 kali | Penulis Ardi . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj/Anam

Sebanyak 1.000 jenis bibit pohon telah ditanam dalam aksi besar yang diselenggarakan oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Lumajang. Kegiatan tersebut berlangsung di lokasi Wisata Sumber Takir Desa Jokarto Kecamatan Tempeh, Rabu (26/6/2024).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang, Hertutik dalam laporannya menjelaskan, bahwa aksi penanaman tersebut melibatkan berbagai jenis pohon, termasuk 200 bibit Mahoni, 200 bibit Trembesi, 200 bibit Gmelina, 200 bibit Nangka, dan 200 bibit Sirsak.

Lanjut dia, tujuan utama dari kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan keberagaman vegetasi di area yang dipilih serta mengedukasi masyarakat akan pentingnya pelestarian lingkungan.

"Aksi ini merupakan bagian dari upaya konkret Forkopimda Lumajang dalam mendukung keberlanjutan lingkungan hidup di wilayah ini. Kami berharap dengan penanaman ribuan bibit pohon ini, kita dapat memberikan kontribusi positif bagi keseimbangan ekosistem dan peningkatan kualitas udara di sekitar area penanaman," jelas Hertutik.

Selain itu, kegiatan tersebut juga mencerminkan komitmen Forkopimda Lumajang dalam menjaga kelestarian alam sebagai warisan bagi generasi mendatang. Melalui kerja sama antara pemerintah daerah, lembaga swadaya masyarakat, dan sektor swasta, Forkopimda berharap dapat mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga lingkungan hidup.

"Aksi seperti ini tidak hanya berdampak pada peningkatan kualitas lingkungan, tetapi juga membangun kesadaran kolektif bahwa pelestarian alam adalah tanggung jawab bersama," terangnya

Kegiatan penanaman tersebut turut didukung oleh berbagai pihak seperti Bank Jatim Cabang Lumajang, ASPPILU, HPBI, GUNA Group, Real Estate Indonesia (REI), PG Jatiroto, dan PT. Nankai Indonesia sebagai bentuk komitmen mereka dalam mendukung kegiatan pelestarian lingkungan di Kabupaten Lumajang. (Kominfo-lmj/Ard)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan