Masyarakat Diminta Tingkatkan Kewaspadaan Terhadap Cuaca Ekstrim
19 April 2024 | Dilihat 147 kali | Penulis Rul . Redaktur Anam
Foto : Dok. BMKG

Kepala Desa Tukum Susanto (Cak Santo) mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi cuaca ekstrim yang telah melanda sejumlah wilayah, termasuk desa Tukum.

Saat ini, hujan deras yang disertai angin kencang kerap melanda Desa Tukum, serta sejumlah wilayah di sekitarnya. Kepala Desa Tukum, Susanto, dalam keterangan di sela-sela kegiatannya, Jumat (19/4/2024), menyampaikan pentingnya kehati-hatian dan persiapan ekstra dalam menghadapi cuaca yang tidak menentu ini.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap waspada dan meningkatkan kewaspadaan terhadap cuaca ekstrim yang sering melanda wilayah kita. Langkah pencegahan seperti membersihkan saluran air, memperbaiki atap rumah yang rusak, dan memastikan keluarga tercinta dalam keadaan aman, sangatlah penting," kata Susanto.

Cak Santo juga menekankan pentingnya saling membantu dan mengingatkan sesama warga jika ada tanda-tanda bahaya, serta selalu memperhatikan informasi dari sumber yang terpercaya terkait kondisi cuaca, seperti BMKG.

"Keselamatan kita semua adalah yang terpenting. Mari kita bersama-sama menjaga keselamatan diri dan keluarga di tengah cuaca ekstrim ini," ujarnya.

Imbauan tersebut dilakukan sebagai upaya preventif untuk mengurangi risiko kecelakaan atau kerugian yang bisa terjadi akibat cuaca ekstrim. Diharapkan, dengan kewaspadaan dan gotong royong yang tinggi, masyarakat dapat tetap aman dan terhindar dari dampak buruk cuaca yang tidak terduga.

Cak Santo juga memastikan bahwa pihak desa akan terus memantau situasi cuaca dan siap memberikan bantuan, maupun fasilitasi penanganan BPBD kabupaten dalam hal darurat kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Dengan adanya imbauan ini, diharapkan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat dapat meningkat, sehingga risiko akibat cuaca ekstrim dapat diminimalisir,” harapnya. (KIM Tukum Mandiri/Rul)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan