Tim Penanganan Bencana Lumajang Bersihkan Rumah Warga dari Sisa Material Banjir
19 April 2024 | Dilihat 468 kali | Penulis Fadly . Redaktur Anam
Foto : Dok. BPBD-lmj

Pasca banjir melanda sejumlah wilayah Kabupaten Lumajang, Tim Penanganan Bencana telah melakukan langkah konkret dengan membersihkan sisa material banjir yang terakumulasi di rumah-rumah warga. Melalui kerja sama antara berbagai instansi dan pihak terkait, upaya pemulihan pasca bencana semakin terkoordinasi dan efektif.

Saat dimintai keterangan di sela kesibukannya, Jumat (19/4/2024), Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang Hertutik menyampaikan bahwa tim penanganan bencana sudah turun ke lapangan dan aktif melakukan pembersihan di daerah-daerah terdampak, seperti Kutorenon dan Sumberejo.

Selain itu, ada tim khusus yang bertugas membersihkan sisa sampah di sekitar jembatan wilayah kota, menunjukkan keseriusan dalam pemulihan infrastruktur.

“Pembersihan material banjir juga melibatkan bantuan dari armada truk milik BPBD dan Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Lumajang. Armada itu membantu dalam membersihkan lumpur sisa banjir, dengan didukung tenaga dari jajaran TNI-Polri yang membuktikan solidaritas dalam menghadapi bencana alam,” ujar dia.

Hertutik juga menegaskan bahwa penanganan bencana membutuhkan kerja sama dari semua pihak, termasuk pemerintah, relawan, dan masyarakat umum. Kolaborasi tersebut menjadi kunci dalam memastikan pemulihan pasca bencana dapat berjalan efisien dan berkelanjutan.

"Kami bersyukur atas bantuan yang diberikan oleh semua pihak. Semua terlibat dalam proses penanganan pasca banjir ini. Semoga dengan kerja sama yang solid, kita dapat mencegah banjir susulan di masa mendatang," ujar Hertutik dengan penuh harap.

Dengan adanya koordinasi yang baik dan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan proses pemulihan pasca bencana banjir di Kabupaten Lumajang dapat berlangsung dengan lancar dan efektif, serta membantu masyarakat untuk segera pulih dan kembali ke kehidupan normal. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan