Warga Rogotrunan Lumajang Gotong Royong Bersihkan Lumpur Pasca Banjir
19 April 2024 | Dilihat 471 kali | Penulis Fadly . Redaktur Anam

Warga Kelurahan Rogotrunan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur turut aktif dalam upaya pemulihan pasca banjir yang melanda wilayah mereka. Terdampak langsung oleh luapan air sungai Kali Asem, warga Rogotrunan menghadapi genangan air hingga setinggi lutut orang dewasa. Namun, dengan semangat gotong royong, mereka mulai membersihkan lumpur yang masuk ke rumah-rumah mereka.

Saat dimintai keterangan di sela kegiatan pembersihan sisa material banjir bersama warga, Jumat (19/4/2024), Lurah Rogotrunan Ricky Dharma Putra mengungkakan bahwa hampir seluruh wilayah terkena dampak banjir, dengan air sungai Kali Asem meluap hingga masuk ke dalam rumah-rumah warga. Namun, bersyukur karena kondisi tersebut tidak berlangsung lama, sehingga masyarakat segera turun tangan membersihkan lumpur.

"Semua warga bahu-membahu membersihkan lumpur, bahkan ada yang rela tidak tidur hingga pagi hari," ungkap Ricky.

Sementara itu, Sekretaris Kelurahan Rogotrunan Tri Suryandari menyampaikan bahwa sekitar empat RW di kelurahan mereka terdampak banjir, dengan sebagian rumah mengalami kerusakan akibat luapan air sungai. Namun, semangat gotong royong warga tak terbendung, bahkan pegawai kelurahan turut serta membantu masyarakat dalam membersihkan lumpur.

"Tidak hanya warga, kami dari kelurahan juga turun membantu. Pagi ini, kami juga menyediakan bantuan makanan bagi warga terdampak," ujar dia..

Untuk mempercepat proses pembersihan, warga juga dibantu oleh Pegawai Badan Kepegawaian Daerah, jajaran TNI-Polri, serta Tim Dinas Lingkungan Hidup dan Damkar Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Lumajang.

Partisipasi aktif warga dalam membersihkan lumpur dan pemulihan pasca banjir menunjukkan semangat solidaritas dan gotong royong yang tinggi di Kelurahan Rogotrunan. Diharapkan, kerjasama ini akan membantu masyarakat untuk segera pulih dan kembali ke kehidupan normal. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan