Peringati Hari Otda Ke – XXVIII, Seluruh ASN Diajak Bersatu untuk Pembangunan Berkelanjutan
25 April 2024 | Dilihat 149 kali | Penulis Andika . Redaktur Anam

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, Jawa Timur melaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Otonomi Daerah (Otoda) XXVIII tahun 2024. Kegiatan yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Bupati Lumajang pada Kamis (25/4/2024), dipimpin oleh Penjabat (Pj) Bupati Lumajang, Indah Wahyuni dan diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemkab Lumajang.

Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) XXVIII tahun 2024 mengusung tema "Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat".

Dalam amanatnya, Indah Wahyuni membacakan teks tertulis Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian yang intinya adalah setelah 28 tahun berlalu otonomi daerah telah memberikan dampak yang positif berupa meningkatnya IPM, bertambahnya PAD dan kemampuan fiskal daerah.

Oleh karena itu, daerah-daerah otonom baru yang telah berhasil meningkatkan PAD dan kemampuan fiskal, diharapkan agar dimanfaatkan untuk program pembangunan dan kesejahteraan rakyat sehingga dapat meningkatkan angka IPM dan konektivitas, menurunkan angka kemiskinan, serta akses infrastruktur yang baik dan lain-lain.

Sedangkan, daerah yang kemampuan PAD dan fiskalnya baik tetapi IPM-nya rendah, angka kemiskinan masih cukup tinggi dan akses infrastruktur belum baik. Maka, perlu melakukan evaluasi untuk memastikan bahwa penyusunan program dan kegiatan dalam APBD agar tepat sasaran, efektif dan efisien.

"Saya mengimbau bagi daerah yang masih rendah PAD-nya agar melakukan terobosan dan inovasi untuk menggali berbagai potensi yang dapat memberikan nilai tambah, serta peningkatan bagi PAD, tanpa melanggar hukum dan norma yang ada, serta tidak memberatkan rakyat," ungkapnya.

Lebih jauh, Implementasi pengembangan wilayah perlu dilakukan melalui pendekatan kebijakan yang berkelanjutan dan implementasi regulasi Ekonomi Hijau, dimana penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pertumbuhan ekonomi dilakukan dengan memperhitungkan aspek keadilan sosial dan pelestarian lingkungan.

"Selamat memperingati Hari Otonomi Daerah ke - XXVIII tahun 2024, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan petunjuk, bimbingan, perlindungan dan pertolongan kepada kita semua dalam upaya membangun bangsa dan negara yang kita cintai," pungkasnya. (Kominfo-lmj/Ad)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan