Puskesmas Kedungjajang Jamin Kualitas Air Bersih untuk Kesehatan Masyarakat
25 April 2024 | Dilihat 381 kali | Penulis Kholib . Redaktur Anam

Kualitas air bersih memiliki peran vital dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, karena digunakan untuk berbagai keperluan mulai dari konsumsi hingga kegiatan sehari-hari.

“Beberapa waktu lalu, kami dari Puskesmas Kedungjajang memantau secara intensif terhadap kualitas sarana air bersih di beberapa lokasi strategis di Desa Tempursari. Meskipun berasal dari sumber alam yang seharusnya layak konsumsi, namun masih terdapat risiko kontaminasi oleh bakteri dan zat-zat berbahaya lainnya,” kata Tenaga Sanitasi Lingkungan Puskesmas Kedungjajang Rejeki Sri Hidayati A.Md.Kes., saat dimintai keterangan di sela kegiatannya, Kamis (25/4/2024).

Rejeki Sri Hidayati juga mengatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan komitmen Puskesmas dalam menjaga kesehatan masyarakat melalui pemantauan dan pengawasan yang ketat terhadap sumber air bersih, yang merupakan kebutuhan pokok bagi setiap individu.

Dirinya juga menekankan pentingnya pemantauan dan pemeriksaan rutin terhadap sarana air bersih guna mencegah penyakit yang disebabkan oleh air yang tercemar.

“Air bersih yang layak konsumsi harus memenuhi syarat tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna, bebas dari zat berat, dan tidak mengandung bakteri,” jelasnya.

Sementara itu, Tenaga Kesehatan Desa Tempursari Rahmad Nur Ainu A.Md.Kep., turut mendampingi proses pemantauan tersebut. Dirinya mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga kualitas air bersih agar tetap bersih dan layak konsumsi, sehingga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan aman.

Sementara, salah satu warga Dusun Ketapang, Muhammad Nur dari menyampaikan apresiasi atas upaya dan perhatian yang diberikan oleh pihak terkait dalam pemantauan kualitas air bersih. Ia berharap agar kegiatan pemantauan seperti ini dapat terus dilakukan secara berkala guna menjaga kesehatan dan kesejahteraan seluruh masyarakat.

Dengan langkah proaktif seperti ini, Puskesmas Kedungjajang menunjukkan dedikasinya dalam meningkatkan layanan kesehatan masyarakat, tidak hanya melalui penanganan penyakit, tetapi juga melalui upaya pencegahan dan pemeliharaan lingkungan yang bersih dan sehat. (KIM Tempursari/Kholib)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan