Hari Pertama, BPS Lumajang Verifikasi Data Kependudukan pada 16 RT di Desa Tunjung
02 September 2020 | Dilihat 122 kali | Penulis KIM Desa Tunjung-lmj . Redaktur Anam

Di hari pertama pelaksanaan verifikasi data Sensus Penduduk 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lumajang melakukan verifikasi data penduduk pada 16 Rukun Tetangga (RT).

“Verifikasi data Sensus Penduduk 2020 sudah mulai dilakukan per 1 September 2020. Dan, di hari pertama untuk Desa Tunjung ada dua orang Petugas Sensus yang melakukan verifikasi data penduduk pada 16 RT,” kata Camat Gucialit Iskandar saat meninjau pelaksanaan verifikasi data Sensus Penduduk 2020 di wilayah Desa Tunjung, Selasa (1/9/2020).

Iskandar juga mengatakan, bahwa nantinya saat melakukan sensus, Petugas Sensus pun dibekali dengan perlengkapan protokol kesehatan yang sesuai dengan tahapan standar operasional prosedur (SOP).

“Saat mendata, nantinya semua Petugas Sensus akan menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan SOP, yakni dengan bermasker dan tetap menjaga jarak (Physical Distancing) untuk mengantisipasi pencegahan Covid-19.

Dirinya juga berpesan untuk Petugas Sensus agar berhati-hati dalam bertugas, mengingat saat ini masih Pandemi Covid-19. “Saya harap Petugas Sensus maupun masyarakat tetap patuhi protokol kesehatan sesuai himbauan pemerintah, agar tidak timbul klaster baru di wilayah,” harap dia.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Lumajang Muji Setyo menerangkan, bahwa sensus penduduk kali ini tidak sama dengan tahun-tahun yang sebelumnya, karena saat ini dihadapkan dengan pandemi Covid-19.

“Per 1 September 2020 ini adalah hari pertama kita melaksanaan verifikasi data sensus penduduk 2020. Dan, harapan kita semua, semoga nantinya sensus penduduk bisa berjalan lancar dan tanpa hambatan,” pungkasnya. (Kominfo-lmj/KIM Desa Tunjung/An-m)