Sosok Kartini, Ajak Anak Muda Bangun Daerah Dari Desa
21 April 2021 | Dilihat 407 kali | Penulis Fadlilah . Redaktur Joko

Siti Muniarsih atau yang lebih akrab disapa dengan Asih ini adalah salah satu dari sekian wanita di Kabupaten Lumajang yang memiliki dedikasi tinggi di bidang kerelawanan. Tidak hanya itu, dirinya juga berperan penting terhadap beberapa kegiatan yang memiliki keterikatan dengan isu gender, inklusi, pemberdayaan komunitas serta pendampingan masyarakat.

Selama 6 tahun ini, dirinya aktif di bidang pemberdayaan komunitas dengan memberikan ruang kreatif bagi masyarakat melalui Omah Sinau Gesang yang ia dirikan pada Tahun 2015.

Sebelumnya, Asih tergolong aktif bekerja bersama dengan berbagai lembaga internasional untuk melakukan pemberdayaan serta pendampingan di beberapa wilayah di Indonesia, utamanya Indonesia Bagian Timur.

Dengan Omah Sinau Gesang yang ia dirikan dibantu para Volunteer muda, dirinya akan menemukan potensi luar biasa dari generasi muda Lumajang.

"IPM di Kabupaten Lumajang memang cukup rendah, tapi saya menemukan banyak anak-anak muda yang berkualitas, mungkin ada data yang kurang pas terkait ukuran IPM," ungkapnya.

Asih yakin permasalahan yang sedang dihadapi Kabupaten Lumajang, utamanya terkait dengan isu-isu pemberdayaan, perempuan dan anak, serta masalah lainnya akan terselesaikan dengan memaksimalkan potensi anak muda yang ada.

"Dari situ saya berpikir, Omah Sinau Gesang ini bisa melakukan sesuatu," pungkasnya.

Harapannya, dengan membangun Omah Sianu Gesang, yang berasal dari desa, para anak muda yang sedang belajar atau berkuliah di perguruan tinggi ternama bisa kembali ke desa untuk membangun potensi yang ada. (Kominfo-Lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan