Merangkul Kemudahan Transaksi, QRIS Mulai Diterapkan di Obyek Wisata Lumajang
20 Juni 2024 | Dilihat 119 kali | Penulis Ardi . Redaktur Anam

Penjabat (Pj.) Bupati Lumajang Indah Wahyuni (Yuyun) menyampaikan harapannya agar pembayaran digital dapat diakses di seluruh objek wisata di Kabupaten Lumajang. Saat ini, penerapan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) baru dilakukan di objek wisata yang dimiliki atau dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang seperti Selokambang dan Water Park.

"Dukungan dari pihak perbankan dalam digitalisasi pembayaran sangat kami syukuri. Saat ini, objek wisata seperti Tumpak Sewu juga sudah dapat melakukan pembayaran melalui QRIS," ungkap Yuyun saat melaunching QRIS di Obyek Wisata Tumpak Sewu Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (20/6/2024).

Yuyun menekankan pentingnya digitalisasi pembayaran untuk meningkatkan kemudahan akses wisatawan dan efisiensi dalam transaksi. Langkah tersebut diharapkan dapat mengurangi penggunaan uang tunai, mendukung gerakan cashless society, serta mempercepat proses pembayaran di lokasi-lokasi wisata.

"Dengan QRIS, wisatawan tidak perlu lagi membawa uang tunai dalam jumlah besar. Mereka dapat melakukan pembayaran dengan mudah menggunakan aplikasi perbankan atau dompet digital," terang dia.

Selain itu, diungkapkan Yuyun, bahwa Pemerintah Kabupaten Lumajang terus berupaya untuk mengajak seluruh objek wisata di daerah ini untuk terlibat dalam digitalisasi pembayaran. Hal tersebut sejalan dengan visi untuk meningkatkan pelayanan dan kemudahan bagi pengunjung, serta mendukung pertumbuhan ekonomi lokal melalui sektor pariwisata.

Dalam kesempatan itu, Pj. Bupati Lumajang juga mengapresiasi partisipasi aktif dari pihak perbankan dalam mendukung inisiatif tersebut, sehingga proses pembayaran tiket dapat dimudahkan.

"Kami berharap kerja sama antara pemerintah, perbankan, dan pengelola objek wisata dapat terus ditingkatkan, sehingga pembayaran digital dapat diimplementasikan secara luas di semua destinasi wisata Lumajang," harapnya.

Dengan adanya dukungan tersebut, juga diharapkan pariwisata Lumajang dapat menjadi lebih modern, efisien, dan menyediakan pengalaman yang lebih baik bagi pengunjung dari dalam maupun luar daerah. (Kominfo-lmj/Ard)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan