Bebek Ungkep Siap Saji di Lumajang Banyak Diminati Konsumen Luar Kota
26 Oktober 2020 | Dilihat 173 kali | Penulis Andika . Redaktur
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Pandemi Covid-19 membuat kesulitan para pelaku usaha dalam memasarkan hasil usahanya, sehingga hal tersebut memaksa pelaku usaha yang ada di Kabupaten Lumajang harus berpikir keras agar tetap bisa eksis dalam menjalankan usaha yang sudah digelutinya selama bertahun-tahun.

Seperti halnya yang diutarakan oleh Novia Nur Endahsari selaku pemilik usaha bebek Sumber Rejeki. Ia mengatakan, selama pandemi Covid-19 kurang lebih tiga bulan terakhir usaha bebek karkas yang sudah dijalaninya selama bertahun-tahun kesulitan untuk memasarkan hasil usahanya ke luar daerah atau kota, sehingga muncul ide untuk memproduksi olahan bebek yang siap konsumsi.

"Awal mula usaha kita ini berjalan di bebek karkas, karena pandemi Covid-19 kita kesulitan untuk mengirim pesanan keluar daerah sehingga kita berinovasi untuk membuat olahan bebek ungkep siap saji," ujar Novia saat ditemui di tempat usahanya yang berada di Dusun Pepe Desa Sidorejo, Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang, Selasa (20/10/2020).

Menurutnya, banyak permintaan Bebek Ungkep berasal dari pemilik rumah makan ataupun masyarakat. Bahkan, sebagian besar konsumen bebek ungkep ada yang dikirim keluar daerah lain untuk memenuhi permintaan yang mencapai lebih dari 100 potong per harinya.

"Setiap pemesan di lokalan saja kita mencapai lebih dari 100 potong per harinya. Bebek ungkep ini juga banyak permintaan dari daerah Mojokerto, Malang, Pasuruan, Probolinggo dan Jember, bahkan ada juga permintaan dari Jogjakarta dan juga terutama dari daerah Bali. Alhamdulillah, konsumen bebek ungkep ini lumayan banyak dan permintaan dari luar kota juga terus meningkat," ungkapnya.

Tidak kalah penting, produk olahan bebek ungkep Sumber Rejeki sudah memiliki sertifikat dan berlabel halal, karena Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) telah melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap bahan baku, proses pembuatan hingga sistem yang menjamin kehalalan produk olahan bebek ungkep Sumber Rejeki.

Novia Nur Endahsari berharap, masa Pandemi Covid-19 tidak berpengaruh terhadap usaha yang sedang dijalaninya sehingga permintaan konsumen akan terus meningkat. Selain itu, Ia juga berharap agar pemerintah terus mendampingi para pelaku usaha yang ada di Kabupaten Lumajang, mengingat masa pandemi seperti saat ini sangat berpengaruh terhadap kestabilan ekonomi masyarakat. (Kominfo-lmj/Ad)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan