Studi Tiru, Jalin Kerjasama Tingkatkan Ketahanan Pangan Lokal
10 November 2020 | Dilihat 249 kali | Penulis Fadly . Redaktur Fadly
Foto : Dok. Kominfo-Lmj

Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali didampingi jajaran Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang mengunjungi tempat produksi beras punel Lembaga Pangan Masyarakat (LPM) "Hasil Tani" yang berlokasi di Desa Rojopolo, Kecamatan Jatiroto, Senin (9/11/2020).

"Kedatangan kami di Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang dalam rangka studi tiru pengelolaan pasca panen hasil pertanian dan menejemen pengelolaan organisasi, Alhamdulillah kami diterima dengan baik," terang Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Buleleng, Jhon Benni Ariatman.

Selanjutnya, Jhon Benni juga mengapresiasi pemberdayaan dan pendampingan kepada LPM, sehingga LPM binaan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang berkembang. Menurutnya, Kabupaten Lumajang bisa mengembangkan potensi daerah utamanya untuk menjaga ketahanan pangan lokal.

Setelah berkeliling di tempat produksi beras, Jhon Benni menilai menejemen LPM Hasil Tani sudah cukup baik, hal itu dilihat dari proses produksi, pendistribusian beras, penerapan standart oprasional dan kualitas produksi beras yang baik. Dirinya berharap ketersediaan beras yang melimpah di Kabupaten Lumajang dapat mencukupi kebutuhan pangan masyarakat, serta mampu dilakukan pendistribusian di luar pasar Lumajang.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang, Hertutik menerangkan nantinya akan dilakukan kerjasama terkait program peningkatan pangan lokal pada kedua kabupaten tersebut. Dirinya berharap setelah kegiatan Studi Tiru, akan banyak ide untuk melakukan inovasi terhadap program Dinas Ketahanan Pangan. (Kominfo-Lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan