Optimalisasi KB sangat penting untuk Kesejahteraan Keluarga
26 November 2020 | Dilihat 128 kali | Penulis Fadly . Redaktur Joko
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Pengendalian penduduk melalui Program Keluarga Berencana (KB) merupakan satu kesatuan dengan perencanaan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Hal itu disampaikan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq saat kegiatan Pencanangan Safari PKK KB Kesehatan Tahun 2020 yang berlangsung di Balai Kecamatan Pasrujambe, Kamis (26/11/2020).

Lebih lanjut, bupati menerangkan pengendalian penduduk juga berkaitan dengan akses kesejahteraan keluarga, sehingga menjadi penting bagi pemerintah untuk mensukseskan Program Keluarga Berencana.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut bupati yang akrab disapa Cak Thoriq itu meminta agar ke depan pelaksanaan sosialisasi tidak lagi dilakukan di ruang pertemuan resmi, melainkan di tempat terbuka seperti halnya tempat wisata. Hal itu juga untuk memancing pergerakan ekonomi sekitar lokasi wisata.

"Saya berkeinginan supporting systemnya saling sambung, nanti sosialisasi KB kesehatan di lokasi wisata yang dijaring anak-anak muda sebagai edukasi itu turut menggerakkan perekonomian masyarakat," terangnya.

Di sisi lain, Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang, Ny. Musfarinah Thoriq melaporkan bahwa pelaksanaan KB Kes merupakan gerakan pemberdayaan masyarakat yang berdasar pada 10 Program Pokok PKK, utamanya nomor 7, 9 dan 10.

"Ini seiring dengan 10 Program Pokok PKK, dalam memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui kesehatan, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat yang masih memerlukan pemantapan peran gerakan PKK," ungkapnya.

Kegiatan safari KB Kes sudah dimulai sejak Bulan Oktober - November dengan total aseptor mencapai 4.467 orang. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan