Manfaat Sumber Mrutu mulai Tarik Wisatawan Luar Daerah
20 Desember 2020 | Dilihat 132 kali | Penulis Ardi . Redaktur Joko
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Kabupaten Lumajang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang kaya akan keindahan alam. Dengan letak wilayahnya yang memiliki dataran yang subur sekaligus diapit oleh tiga gunung berapi, tentu banyak sekali tempat-tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi, Sumber Mrutu misalnya.

Sumber Mrutu atau biasa dikenal dengan sebutan Sumber Brutu, merupakan salah satu objek wisata pemandian alam di Desa Pandansari, Kecamatan Kedungjajang yang menyuguhkan pesona keindahan alami.

Kenapa tidak, air yang sangat jernih hingga dapat terlihat semua isi dari kolam tersebut, serta lingkungannya yang masih terasa asri, sangat cocok untuk dikunjungi di akhir pekan nanti.

"Sumber Mrutu memang istimewa, karena memiliki sumber mata air yang alami dan airnya juga sangat jernih," kata Sekretaris Desa Pandansari, Usmantoro setelah dikonfirmasi di lokasi, Sabtu (19/12/2020).

Selain airnya yang jernih, sumber tersebut juga diyakini dapat menyembuhkan sejumlah penyakit. Sebab menurut pengakuan beberapa pengunjung, sebagian telah mendapat kesembuhan dari penyakitnya.

Itu sebabnya, tak heran, dengan pesona keindahan yang alami dan memiliki manfaat untuk terapi. Sampai saat ini objek wisata tersebut mulai didatangi oleh wisatawan, baik dari dalam maupun luar Kabupaten Lumajang.

"Sumber ini juga cocok untuk terapi, sebab banyak warga dari luar kota terkadang membawa airnya, saking percayanya manfaat dari air Sumber Mrutu," ucap Usmantoro.

Di samping itu, diakatakan Usmantoro, untuk mempersiapkan datangnya tahun baru, pihaknya berencana menambah fasilitas pendukung untuk memperindah objek wisata tersebut, seperti spot foto, cafee sawah serta fasilitas lainnya.

"Untuk malam tahun baru ada cafee sawah, kemudian untuk spot foto Insya Allah dalam waktu dekat ini kita akan memberikan yang terbaru, sehingga pengunjung yang datang ke sini tidak kecewa," jelasnya.

Selain itu, dalam mengantisipasi penularan Covid-19 di lokasi wisata, pihaknya juga telah melakukan imbauan kepada para pengunjung atau wisatawan untuk tertib melaksanakan protokol kesehatan dengan menerapkan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan).

"Untuk protokol kesehatan kami sudah siapkan cuci tangan, kemudian imbauan-imbauan terkait memakai masker dan menjaga jarak ini sudah ada," pungkasnya. (Kominfo-lmj/Ard)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan