BKKBN RI: Lumajang Sukses Kendalikan Pertambahan Penduduk
06 Oktober 2021 | Dilihat 148 kali | Penulis Muhammad Syahrul Fadlillah . Redaktur Joko

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq menerima penghargaan tertinggi dari Kepala BKKBN RI, Manggala Karya Kecana. Penghargaan tersebut diserahkan langsung Deputi Bidang Advokasi, Penggerakan dan Informasi, BKKBN RI Sukaryo Teguh Santoso di Panti PKK Kabupaten Lumajang, Rabu (6/10).

Sebagai pimpinan daerah, Cak Thoriq sapaan akrab Bupati Lumajang dinilai mampu mendukung dan berkomitmen dalam menyukseskan program pengendalian penduduk di Kabupaten Lumajang.

"Alhamdulillah, Jawa Timur ada beberapa pimpinan daerah yang mendapatkan penghargaan ini. Salah satunya Bupati Lumajang," ungkapnya.

Selain itu, Kabupaten Lumajang dipandang mampu menanggulangi permasalahan pengendalian penduduk dan program keluarga berencana. Disebutkannya, Angka Kelahiran Total atau Total Fertility Rate (TFR) cukup ideal yaitu dengan rata-rata 1,93 lebih baik dibandingkan rata-rata Provinsi Jawa Timur dengan rata-rata 2,02. Hal itu menunjukan bahwa masyarakat Kabupaten Lumajang memiliki kesadaran yang tinggi dan program keluarga berencana diterima dengan baik oleh masyarakat.

"Kabupaten Lumajang juga memiliki angka keikutsertaan program KB di atas rata-rata, dengan capaian 75,44 %. Ini artinya sukses pelaksanaan Program KB Kesehatan Reproduksi terlaksana dengan baik," imbuhnya.

Sementara, Cak Thoriq mengaku bersyukur program pengendalian penduduk di Kabupaten Lumajang berjalan dengan baik. Ia pun mengapresiasi Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Lumajang yang sudah mengupayakan penyuksesan program pengendalian penduduk dengan maksimal.

"Pengendalian penduduk, kami bersyukur karena progressnya dan percepatan program berjalan dengan baik. Saya mengapresiasi Dinas Pengendalian Penduduk," ungkapnya.

Cak Thoriq juga mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diperolehnya. Menurutnya, penghargaan tersebut adalah capaian hasil dari kerja keras semua pihak.

"Ini prestasi semua, ini kerja sama semua, terima kasih semuanya," pungkasnya. (Kominfo-Lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan