Ditemani Kopi, Menikmati Senja di Padang Savana Lumajang
14 Januari 2023 | Dilihat 213 kali | Penulis Fadly . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Penikmat senja khususnya di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur dan sekitarnya pasti mengenal lokasi ini. Ya benar, Padang Savana Pandanwangi.

Berada di pesisir laut selatan, tepatnya di Desa Pandanwangi, Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang, Padang Savana selalu ramai dikunjungi kalangan muda-mudi hampir disetiap sore. Pasalnya, di kawasan tersebut bisa melihat waktu matahari terbenam atau yang biasa disebut senja.

Padang Savana sendiri merupakan hamparan tanah yang memiliki panorama yang indah. Tidak hanya spot bagi penikmat senja melainkan juga pemandangan laut ataupun hamparan rumput yang membentang luas hingga ratusan hektare.

Ramainya pengunjung di Padang Savana Pandanwangi ternyata dibaca sebagai peluang ekonomi oleh beberapa orang. Salah satunya, Ikal sang penjual kopi yang setiap harinya menyeduh untuk para pengunjung disana.

Ikal mengaku baru berjualan kopi disana selama 4 bulan belakangan. Lantaran setelah pandemi Covid-19 aktifitas di Padang Savana kembali ramai. Peluang tersebut menggugahnya untuk mencoba peruntungan membuka "kopian" di pesisir pantai selatan dengan motor copper andalannya.

"Saya baru empat bulanan, lumayan ada saja yang datang. Tapi ramainya pasti pas weekend itu, sabtu minggu kadang jum'at sore itu ramai," terangnya, Sabtu (14/1/2023).

Ikal menyebut pelanggannya tidak hanya dari Lumajang, melainkan juga banyak dari daerah tetangga seperti halnya Jember dan Probolinggo. Bahkan saat weekend, ada rombongan dari daerah seperti Malang dan Surabaya.

"Yang disini banyak juga yang dari jember, biasanya ya anak-anak muda gitu menikmati senja katanya," imbuhnya.

Tidak hanya Ikal, ada juga beberapa penjual cilot dan minuman lainnya seperti Es Tebu dan berbagai minuman dingin.

Ikal berharap ramainya Padang Savana juga harus diimbangi dengan dukungan pemerintah setempat, seperti penyediaan tempat sampah dan fasilitas penunjang lainnya. Karena menurutnya, Padang Savana merupakan potensi wisata yang sudah ada, tinggal merawat dan menjaganya. (Kominfo-Lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan