One Week One Juz, Inovasi PKK Desa Kutorenon Lumajang untuk Galakkan Literasi Qur.'an Digital
28 Maret 2024 | Dilihat 383 kali | Penulis Juna . Redaktur Anam

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Desa Kutorenon melalui Kelompok Kerja (Pokja) I mengembangkan inovasi mengkhatamkan Qur.’an (Khotmil Qur.'an), setiap minggu satu juz dengan istilah "One Week One Juz" secara digital melalui platform media sosial WhatsApp.

Inovasi keagamaan yang telah berjalan sekitar 17 bulan tersebut bertujuan untuk meningkatkan iman dan takwa, serta membiasakan membaca Qur.’an di setiap rumah anggota TP PKK Desa Kutorenon.

Ketua Pokja 1 TP PKK Desa Kutorenon, Devi Natalia Sari menyatakan komitmen mereka untuk mengembangkan program Khotmil Qur.'an digital "One Week One Juz" dan mendorong partisipasi aktif seluruh anggota dan masyarakat dalam mendukung program tersebut.

Devi menyebutkan bahwa program tersebut menjadi motivasi bagi mereka untuk berjuang lebih keras dalam meningkatkan kegiatan keagamaan di desa.

“Program ini membutuhkan kebersamaan dan kerja sama dari seluruh anggota grup WhatsApp "One Week One Juz". Setiap Senin, jadwal baru pembagian juz dibagikan kepada anggota, namun jika ada anggota yang berhalangan, mereka bisa ditawarkan untuk mengkhatamkan Qur.’an di rumahnya sendiri atau oleh anggota lain,” katanya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Desa Kutorenon Erdhavizahra Caprishinta menjelaskan bahwa Inovasi "One Week One Juz" menjadi tugas Pokja 1 untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan masyarakat desa, khususnya para ibu.

Erdhavizahra berharap program tersebut dapat membantu meningkatkan kualitas nilai keagamaan para ibu, yang akan berdampak positif pada keluarga mereka.

“Program ini telah mencapai khatam ke-69 dengan partisipasi 32 orang hingga saat ini. Saya berharap inovasi ini terus berkembang dengan melibatkan lebih banyak masyarakat Kutorenon, sehingga desa tersebut menjadi contoh dalam kegiatan membaca Qur.’an dan berperilaku baik,” pungkasnya. (KIM Kutorenon/Juna)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan