Puslit PTPN XI Sukosari Jatiroto Perkenalkan Aneka Makanan Pengganti Beras Dari Bahan Pisang
09 Agustus 2021 | Dilihat 394 kali | Penulis Yongky Dwi Cahyadi . Redaktur Joko

Pisang merupakan salah satu komoditi pertanian di Lumajang yang banyak ditanam masyarakat, mulai dari pemanfaatan lahan pekarangan hingga berupa hamparan kebun pisang.

"Tapi disayangkan hingga kini belum terdengar informasi ada masyarakat yang sukses ekonominya karena usaha pisangnya seperti suksesnya para petani tebu," ujar Nanik Ismadi, Manager Puslit Sukosari PTPN XI saat membuka pelatihan keterampilan pengelolaan pasca panen pisang di Aula Puslit Sukosari, Sabtu (7/8/2021).

Dilatarbelakangi kondisi tersebut PTPN XI, khususnya Puslit Sukosari Jatiroto menaruh kepeduliannya untuk memberikan pelatihan bagi masyarakat khususnya pelaku UMKM dan petani pisang tentang bagaimana cara meningkatkan nilai ekonomi hasil panen pisang melalui pengelolaan aneka makanan pisang sebagai pengganti beras untuk mengangkat nilai ekonomi pisang bagi masyarakat Lumajang.

Menurutnya hal ini sudah dibuktikannya melalui dari hasil produksi Puslit sendiri berupa beras pisang, tiwul pisang dan tepung pisang yang hingga saat ini belum mampu memenuhi permintaan konsumen.

Oleh karena itu Puslit sukosari mencoba untuk memberdayakan masyarakat agar mampu membuat bahan makanan pengganti beras dari pisang dengan memanfaatkan potensi pisang yang ada di Lumajang khususnya beras pisang yang hasilnya nanti pihak PTPN XI melalui Puslit Sukosari siap menampung untuk membantu pemasarannya.

Saat dikonfirmasi lebih jauh tentang nilai ekonomi dimaksud dikatakan oleh Nanik sangat menarik dan menjanjikan dibanding kalau hanya dijual pisangnya.

"Pengembangan teknologi beras bahan pisang ini kami pihak Puslit Sukosari akan berkoordinasi dengan Pemkab Lumajang untuk dapatnya menyosialisasikannya sebagai penopang ketahanan pangan di Lumajang melalui progam-program daerah yang sedang berjalan," ujarnya.

Dalam pelatihan tersebut disamping diberikan teori dan praktek membuat tepung pisang, tiwul pisang dan beras pisang. Peserta juga diberikan wawasan tentang aneka pisang yang sedang dikembangkan di Puslit sukosari dan diperkenalkan juga beberapa hasil produksinya dengan bahan pisang. (Kominfo-lmj/ RSL/Gtt)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan