PKK Desa Barat Selenggarakan Lomba Bersih Lingkungan Sehat
25 Agustus 2020 | Dilihat 40 kali | Penulis KIM Desa Barat-lmj . Redaktur Anam

Untuk menggalakkan Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup sehat dan bersih, TP PKK Desa Barat Kabupaten Lumajang, Jawa Timur menggelar kegiatan Lomba Adminstrasi Posyandu, Penghijauan Tempat Posyandu dan Lingkungan Bersih dan Sehat.

“Kami ingin agar masyarakat Desa Barat lebih giat lagi dalam menjaga lingkungan, sehingga tercipta lingkungan yang sehat. Untuk itu, lomba itu diselenggarakan, dan penilaiannya dilakukan mulai 24-25 Agustus 2020,” kata Ketua TP PKK Kecamatan Padang Sulistyowati saat dimintai keterangan dalam kegiatan penilaian Lomba Adminstrasi Posyandu, Penghijauan Tempat Posyandu dan Lingkungan Bersih dan Sehat di Desa Barat, Selasa (25/8/2020).

Sulistyowati juga mengatakan, bahwa selain menilai, pihaknya juga memberikan arahan tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan kepada Kader Posyandu sehingga nantinya dapat disosialisasikan kembali kepada masyarakat pada kesempatan kegiatan posyandu, maupun rapat-rapat tingkat RW maupun RT tentang pola hidup bersih dan sehat.

Menurut dia, Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran sehingga anggota keluarga atau orang-orang terdekat dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan, dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat. Dan, PHBS jumlahnya banyak sekali, bisa ratusan, misalnya tentang pemenuhan gizi dan kesehatan lingkungan.

Dirinya berharap, dengan diselenggarakannya lomba tersebut dapat meningkatkan pelayanan posyandu, dan memberikan rasa nyaman dan edukasi kepada masyarakat untuk terus melakukan hal kecil tapi bermanfaat pada masyarakat sendiri, seperti penghijauan dengan menanam pohon, tanaman obat, seta bunga-bunga, sehungga terwujud Desa Barat yang bersih, indah, asri, inovatif dan produktif.

Sulistyowati menambahkan, bahwa lomba posyandu dan lingkungan bersih dan sehat tersebut diadakan pertama kali diadakan di Kecamatan Padang, dan menjadi wujud dukungan untuk Inovasi Pawon Urip.

“Saya juga berharap, nantinya para Kader dapat mengamalkannya dan menyampaikan kembali kepada masyarakat tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat di rumah, sekolah, tempat ibadah, tempat kerja, tempat bermain serta lingkungan sekitar. Kegiatan ini berjalan tertib, aman dan lancar,” imbuh dia.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Kecamatan Padang Mawi Mujayanti, Pokja 4 PKK kecamatan, dan Petugas Promkes Puskesmas Kecamatan Padang Yessi Nofalina, Perangkat Desa, dan Babinsa setempat. (Kominfo-lmj/KIM Desa Barat/Nuri/An-m)