Meski Pandemi Covid-19, Produk Kopi Gucialit Tetap Hiasi Pasar Online
30 Agustus 2020 | Dilihat 565 kali | Penulis Ikhwan . Redaktur Anam

Kopi menjadi bagian dari kehidupan masyarakat, baik kalangan muda maupun dewasa. Saat ini, generasi milenial pun turut ambil bagian dalam mengurus kebun kopi, mulai dari petik merah, penyutiran pasca panen dan juga roasting.

Pada musim panen di tengah adaptasi kebiasaan baru pasca pandemi Covid-19 seperti saat ini, tidak menyurutkan semangat petani muda yang ada di Desa Gucialit Kecamatan Gucialit Kabupaten Lumajang.

"Alhamdullilah, ketika memasuki musim panen kopi sudah mulai New Normal atau tidak ada lagi work form home yang menghambat petani kopi sendiri ataupun tengkulak kopi," kata salah satu Petani Kopi Muda Desa Gucualit Rifki Zulkarnain saat dimintai keterangan di kediamannya, Minggu (30/8/2020).

Menurut dia, untuk petani kopi itu sendiri secara langsung tidak begitu terhambat pada saat pandemi Covid-19, tetapi yang terkena imbas secara langsung adalah para tengkulak kopi yang harus menerapkan anjuran pemerintah, untuk tidak keluar rumah atau physical distancing.

"Selain terjun langsung untuk panen kopi, saya juga melakukan roasting dan penjualan produk, dimana dari hasil roasting yang saya proses menjadi produk Kopi Gucialit yang siap dipasarkan melalui platform media sosial seperti, Instagram, Facebook dan Twitter ini agar juga dapat bersaing di pasar online Nasional," ujar dia.

Ia menambahkan, bahwa hingga saat ini produk Kopi Gucialit telah dipasarkan di sejumlah daerah seperti, Surabaya, Sidoarjo, Malang, Gresik, Jember, Banyuwangi, Pasuruan, dan Probolinggo, serta beberapa daerah di Provinsi Jawa Tengah, Jawa Barat, Lampung, Bali, DKI Jakarta, Kepulauan Riau,

Kemudian, dirinya juga memenuhi permintaan produk Kopi Gucialit dari pelanggan diluar negeri seperti, Jepang, Cina, dan Rusia.

“Sebagai petani muda yang melihat potensi kopi lokal di Desa Gucialit, saya menginginkan agar kopi lokal Gucialit tidak hanya dikenal di Kabupaten Lumajang saja, tetapi juga dibeberapa kota, khususnya para pencinta kopi,” imbuhnya. (Kominfo-lmj/KIM Puspanyindra/Ikhwan/An-m)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan