Wakil Gubernur Jatim Kunjungi Kabupaten Lumajang
17 September 2020 | Dilihat 468 kali | Penulis Dika . Redaktur Fadly
Foto : Dok. Kominfo-Lmj

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq bersama Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati menerima kunjungan Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, Kamis (17/9/2020) sore.

Kedatangan Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak di Lumajang, disambut langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Lumajang, serta beberapa jajaran kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lumajang.

Kunjungan kerja tersebut terkait dengan penanganan Covid-19 di Kabupaten Lumajang, dan silaturrahmi antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan Pemerintah Kabupaten Lumajang.

"Saya bermaksud untuk silaturrahmi dan bertukar pikiran terkait pergerakan-pergerakan kepemudaan yang ada di Kabupaten Lumajang untuk bisa membangun kesadaran masyarakat dalam masa pandemi Covid-19," ujar Wagub Jatim.

Selanjutnya, dirinya menyampaikan bahwa saat ini di Jawa Timur jumlah pasien yang dirawat dibandingkan dengan ketersediaan tempat tidur berada pada angka 49 persen, sedangkan untuk standar Badan Kesehatan Dunia atau WHO yaitu tidak boleh melebihi angka 60 persen. Artinya, Jawa Timur menunjukkan bahwa angka kasus dibandingkan dengan kapasitas untuk merawat masih lebih baik dan relatif masih memasuki standar dari WHO.

"Bukan berarti kita kemudian berpuas diri, kita harus menyadari bahwa untuk bisa stabil kita harus bekerja keras secara bersama dan harus ada pengorbanan baik itu dari sisi sumberdaya manusia, anggaran maupun kegiatan ekonomi yang harus ditekan, sehingga nantinya akan ketemu satu titik keseimbangan, disisi lain kegiatan ekonomi juga harus bisa dijaga," ungkapnya.

Dirinya berharap adanya operasi yustisi, penerapan Pergub 53 tahun 2020 dan Perda 2 tahun 2020 dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengenakan masker dan menjaga jarak, sehingga harapannya dapat mengurangi tingkat penyebaran dan penularan Covid-19 khususnya di wilayah Kabupaten Lumajang.

Senada dengan hal itu, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq menjelaskan, dirinya mendapatkan laporan terkait dengan banyaknya tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif Covid-19, namun sebagian besar tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif dalam keadaan tanpa gejala atau tidak ada gejala yang mengkhawatirkan dan sekarang prosesnya isolasi mandiri.

"Kita akan melakukan evaluasi, salah satunya melakukan pengetatan terhadap dokter-dokter yang prakteknya trans lokal atau dibeberapa Kabupaten/Kota diluar Lumajang. Mekanisme yang bisa kita lakukan ini diharapkan lebih bisa menjaga tenaga kesehatan yang ada di Lumajang tidak mudah terkonfirmasi Covid-19," ujar bupati.

Sementara itu, Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati mengucapkan terimakasih kepada Wakil Gubernur Jatim yang sudah berkenan hadir ke Kabupaten Lumajang. Dirinya menganggap kedatangan Wagub Jatim terkait dengan ketertarikannya terhadap urusan kepemudaan dan rencana Kwarcab Pramuka Lumajang yang saat ini sedang melakukan proses pembangunan bumi perkemahan.

"Tadi saya sudah paparkan dan menampilkan animasi terkait dengan bumi perkemahan yang akan kita bangun dan saat ini sudah dalam proses pembangunan. Ada banyak dukungan dari masyarakat dan anggota gerakan Pramuka untuk segera menyelesaikan pembangunan bumi perkemahan ini," imbuhnya. (Kominfo-Lmj/ad)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan