Dana CSR Kembangkan Potensi Madu Saeman Klakah
23 September 2020 | Dilihat 488 kali | Penulis Fadly . Redaktur Fadly
Foto : Dok. Kominfo-Lmj

Kecamatan Klakah merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Lumajang yang memiliki potensi penghasil madu, dengan jumlah peternak mencapai lebih dari 120 orang. Tergabung dalam paguyuban "Klakah Saeman" para peternak madu klanceng itu bersama mendirikan koperasi yang bertujuan untuk mengakomodir permodalan dan pemasaran produk madu "Saeman".

Dalam upaya peningkatan kualitas produk, Paguyuban Klakah Saeman juga dibantu dana CSR dari PT. PLN (Persero). Bantuan CSR itu juga digunakan untuk perizinan dan pelatihan peningkatan produksi serta pelatihan pemasaran produk.

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati menyampaikan dirinya ingin mengubah stigma negatif terhadap wilayah utara Kabupaten Lumajang melalui pengembangan potensi yang dimiliki. Salah satu yang perlu dikembangkan di wilayah Klakah adalah produksi madu klanceng.

"Saya ingin mengembangkan daerah utara, ingin mengubah image daerah utara, saya ingin mengenalkan daerah itu sebagai daerah yang diunggulkan dalam hal wisata ataupun karya anak muda, pertanian dan perkebunannya," ujarnya saat membuka kegiatan Serah Terima Bantuan CSR PT. PLN Persero, di Pendopo Kecamatan Klakah, Rabu (23/9/2020).

Wabup juga menyampaikan terima kasih kepada PLN yang telah memberikan dana CSR nya untuk para peternak madu di Kecamatan Klakah.

Sementara, UPT. PLN Probolinggo, Hendri Maryanto mengatakan Dana CSR dimanfaatkan untuk pengembangan produksi madu.

"CSR ini merupakan hasil evaluasi dan seleksi berdasarkan proposal yang masuk dari berbagai daerah, CSR mulai dari pelatihan pengembangan peningkatan produksi madu nanti juga dibantu ijinnya, kemudian dibantu packagingnya, dan diberikan pelatihan pemasaran,"

Dirinya berharap nantinya madu Saeman tidak hanya diminati oleh konsumen Lumajang, namun juga masyarakat luas sehingga Lumajang juga dikenal melalui potensi produk madu klanceng. Selain itu, Hendri juga meminta para peternak tetap menjaga kualitas dan kuantitas produk agar bisa membawa menuju produk yang lebih baik. (Kominfo-Lmj/Fd).

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan