BPIP RI Kunjungi Kampung Karamba RW 5 Kelurahan Ditotrunan Kabupaten Lumajang
28 September 2020 | Dilihat 120 kali | Penulis Dika . Redaktur Fadly
Foto : Dok. Kominfo-Lmj

Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang, Agus Triyono menerima kunjungan kerja Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia, di Kantor Pemerintah Kabupaten Lumajang, Minggu (27/9/2020). Kunjungan itu dalam rangka advokasi positif BPIP melalui pembekalan nilai-nilai Pancasila kepada pegiat kampung di Kabupaten Lumajang dan sekitarnya.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang berpesan kepada para pegiat sosial dan lingkungan hidup harus bisa memutuskan untuk bergerak terus di bidang yang sedang dijalaninya. Oleh karena itu, para pegiat sosial dan lingkungan harus menjadi inspirator di dalam menggiatkan lingkungan maupun sosial agar bisa terus berkarya di lingkungan masing-masing.

"Kegigihan warga Kampung Karamba RW 5 Kelurahan Ditotrunan Kabupaten Lumajang, saya harap bisa ditiru oleh warga yang lainnya dalam menggiatkan lingkungan maupun sosial," harapnya.

Senada dengan hal itu, Wakil Kepala BPIP RI, Hariyono mengapresiasi Kampung Karamba di RW 5 Kelurahan Ditotrunan Kabupaten Lumajang, dan rencananya Kampung Karamba akan dijadikan pilot project agar kampung-kampung yang lain bisa mencontoh aktifitas maupun produktifitas warga yang ada di Kampung Karamba.

"Jika kampung-kampung yang lain bisa seperti ini, saya yakin kita tidak hanya gotong royong antar warga di kampung, tetapi kita akan gotong royong antar kampung se-Nusantara," ujarnya.

Sementara itu, Manager Glintung Go Green, Bambang Irianto berkeinginan agar warga mandiri membangun kampung mulai dari diri sendiri terlebih dahulu, karena membangun kampung tidak hanya soal tanam-menanam, tetapi perlu budi pekerti, sopan santun, dan melihat budaya warga dalam berkembang. Untuk itu, diharapkan Kampung Karamba yang ada di Kabupaten Lumajang dapat menjadi barometer nasional.

"Semoga Kampung Karamba bisa jadi tempat kita belajar. Ini layak sebagai contoh bagi DLH se-Indonesia, karena Kampung Karamba layak menjadi percontohan nasional. Mari kita bangun negeri dari lorong-lorong, dari Lumajang inilah kita bangun negeri," imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan 19 sertifikat penghargaan dengan kategori Kampung Pertanian Perkotaan Berkeadilan tahun 2020. Penghargaan tersebut diserahkan kepada Kampung Wonosari Go Green RW 19 Kelurahan Purwantoro Kota Malang, Kampung Karamba RW 5 Kelurahan Ditotrunan Kabupaten Lumajang, Kampung Papacling Desa Randupitu Kabupaten Pasuruan, serta Kampung Rukun Warga (RW) 07 Kelurahan Jogoyudan Kabupaten Lumajang.

Usai melaksanakan kegiatan, Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia, Hariyono beserta rombongan menyempatkan untuk meninjau langsung Kampung Karamba RW 5 Kelurahan Ditotrunan Kabupaten Lumajang. Peninjauan tersebut bertujuan untuk melihat secara langsung kelompok belajar warga RW 5 terkait pengolahan Bank Sampah, Budidaya Karamba, Produk Olahan/UMKM, dan Budidaya Maggot yang mampu mengurai sampah. (Kominfo-Lmj/ad)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan