Humas Pemerintah Ujung Tombak Menyuarakan Program Pemerintah dan Serap Aspirasi Publik
22 Oktober 2020 | Dilihat 95 kali | Penulis Anam . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Humas Pemerintah mempunyai peran penting dalam menyuarakan program/kebijakan pemerintah kepada masyarakat, serta menyerap aspirasi rakyat dalam memajukan sebuah daerah.

"Humas itu punya peranan penting, karena fungsi humas adalah menyuarakan program/kebijakan pemerintah, maupun menyerap aspirasi masyarakat dalam memajukan daerah," kata Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur Benny Sampirwanto saat memberikan arahan dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Jurnalistik bagi Perangkat Daerah di lingkup Pemprov Jawa Timur dan Dinas Kominfo kabupaten/kota se-Jawa Timur, bertempat di Kota Madiun, Rabu (21/10/2020).

Menurutnya, peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dari humas pemerintahan menjadi ujung tombak dari pelayanan informasi dan komunikasi publik. Oleh karena itu, seorang jurnalis humas pemerintah harus mempunyai kemampuan dan keterampilan dalam menyajikan sebuah berita yang baik dan benar kepada publik.

"Jadi, saat menyajikan sebuah berita itu harus singkat, runtut, padat, jelas dan mudah dipahami oleh pembaca. Untuk itu, kita harus belajar jurnalistik untuk dapat menyajikan informasi yang baik kepada masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Informasi Publik Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur Ec. Rudy Prasetya dalam laporannya menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman jurnalistik kepada humas pemerintahan, sehingga dapat menghasilkan karya jurnalistik yang layak dikonsumsi oleh publik, baik berupa teks, foto maupun video.

Bimtek tersebut dilaksanakan selama dua hari, 21-22 Oktober 2020, diikuti oleh perangkat daerah di lingkup Pemprov Jawa Timur dan Dinas Kominfo kabupaten/kota se-Jawa Timur.

"Bimtek ini diikuti oleh sekitar 100 orang peserta, dengan menghadirkan narasumber dari Jurnalis Surya Tribun News Rahadian Bagus Priambodo, Kantor Berita ANTARA Siswo Widodo, dan Kompas TV Arif Hidayat," pungkasnya. (Kominfo-lmj/An-m)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan