Formi Diharapkan Mampu Membumikan Olahraga di Kabupaten Lumajang
22 Oktober 2020 | Dilihat 83 kali | Penulis Fadly . Redaktur Fadly
Foto : Dok. Kominfo-Lmj

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati berharap Kabupaten Lumajang bisa mendulang prestasi lagi pada Cabang Olahraga Pencak Silat. Mengingat, salah satu aliran silat Pencak Organisasi (PO) lahir di Kabupaten Lumajang. Hal itu disampaikannya dalam kegiatan Pengukuhan Pengurus Federasi Olahraga Rekreasi Masyrakat Indonesia (Formi) Kabupaten Lumajang Masa Bakti 2020-2025 yang berlangsung di Panti PKK Kabupaten Lumajang, Kamis (22/10/2020).

"PO ini sebuah olahraga tradisional yang didirikan di Lumajang oleh Mayjen. Imam Sujai, namun beberapa waktu prestasi kita menurun, ini jadi tantangan besar supaya PO bisa bangkit lagi untuk meraih prestasi," ujarnya.

Wabup juga berharap dengan adanya kepengurusan Formi Kabupaten Lumajang akan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya olahraga.

"Semoga masyarakat semakin sehat dan bugar. Harapannya juga masyarakat lebih mencintai olahraga dan olahraga semakin memasyarakat," pungkasnya.

Di sisi lain,Ketua Formi Jawa Timur, Suparman menyampaikan dengan dikukuhkannya Formi Kabupaten Lumajang diharapkan bisa melakukan pembinaan kepada olahraga-olahraga rekreasi yang ada di Kabupaten Lumajang.

"Selamat untuk melaksanakan tugas-tugas pembinaan olahraga rekreasi di Lumajang.
Harapannya nanti pengurus bisa membentuk soliditas organisasi, bisa menggerakkan seluruh masyarkat di Kabupaten Lumajang, serta mampu bermitra dengan pemerintah," ujarnya.

Sementara, Ketua Formi Kabupaten Lumajang, Paimin, menjelaskan bahwa Formi merupakan sebuah induk dari Cabang Olahraga Rekreasi dan Tradisional.

"Merupakan induk dari cabang dari olahraga rekreasi, olahraga yang bertujuan untuk membentuk badan dengan gembira. Satu-satunya lembaga resmi yang dibentuk untuk membina mewujudkan olahraga kegembiraan masyarakat," terangnya.

Di Kabupaten Lumajang telah dikembangkan 10 olahraga rekreasi tradisional, di antaranya Gasing Kayu, Egrang, Tarik Tambang, Sumpitan, Ketapel, Panahan Tradisional, Aliansi Kungfu Tradisional, Senam Tera, Senam Jantung Sehat, Skateboard, dan Senam Porpi.

Dirinya berharap, dengan dilantiknya Formi Kabupaten Lumajang akan menjadikan olahraga tradisional berkembang di masyarakat. (Kominfo-Lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan