Sekda Harap Beberapa Kecamatan di Kabupaten Lumajang Segera Deklarasikan ODF
10 Februari 2021 | Dilihat 125 kali | Penulis Andhika . Redaktur Joko
Foto : Dok. Kominfo-LMJ

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lumajang, Agus Triyono menghadiri Deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan di Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang, Rabu (10/2/2021).

Dalam sambutannya, Sekda Kabupaten Lumajang menyampaikan, salah satu program dari pemerintah adalah meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Lumajang. Beberapa indikator peningkatan IPM antara lain di bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

"Bidang kesehatan menjadi salah satu penyumbang nilai. Oleh karena itu, sudah menjadi tugas kita bersama untuk mensosialisasikan kepada masyarakat terkait kesehatan guna peningkatan IPM," ungkapnya.

Ia menambahkan, digelarnya Deklarasi ODF di Kecamatan Rowokangkung diharapkan dapat memperingan komitmen Pemerintah Kabupaten Lumajang untuk 100% di kecamatan dan desa sudah ODF.

Selain itu, Sekda juga mengingatkan bahwasanya kalau Kabupaten Lumajang masih menyisakan beberapa kecamatan belum ODF, maka tidak akan bisa ikut berpartisipasi dalam penilaian kabupaten sehat.

"Mudah-mudahan tahun ini jajaran Dinas Kesehatan bersama semua kepala desa di empat kecamatan berikutnya bisa tuntas tahun ini. Maka perlu keterlibatan semua pihak untuk memberikan edukasi kepada keluarga maupun masyarakat agar mengerti akan pentingnya kesehatan," imbuhnya.

Selanjutnya, Sekda mengapresiasi seluruh jajaran kecamatan dan kepala desa yang ada di Kabupaten Lumajang, khususnya Kecamatan Rowokangkung yang sudah menggelar Deklarasi ODF. Ia juga mengingatkan aparatur desa dan masyarakat agar selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar.

Ia berharap setelah Kegiatan Deklarasi ODF tersebut maka sudah tidak ada lagi masyarakat yang membuang air besar sembarangan. (Kominfo-Lmj/ad)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan