Petani Bonsai Menjadi Peluang Usaha Yang Menguntungkan
10 Juli 2021 | Dilihat 113 kali | Penulis Bobby Wijayanto . Redaktur Joko

Semua orang pasti sudah tidak asing dengan bonsai, jenis tanaman ini merupakan tanaman dengan ukuran mini atau kerdil yang sengaja dibudidayakan dengan media dan cara pembudidayaan khusus agar terlihat menarik. Terdapat beberapa macam tanaman yang digunakan oleh petani untuk dibuat sebuah bonsai, di antaranya adalah pohon; beringin, asem, kelapa, adenium, bambu dan sebagainya. Namun tidak semua tanaman bisa dijadikan sebuah tanaman bonsai.

Bambang Hendroyono, salah satu pegiat bonsai di Kabupaten Lumajang mengatakan bahwa bonsai termasuk tanaman yang antik dan memiliki nilai seni. Menurutnya, yang awalnya sebuah tanaman terlihat biasa saja akan menjadi cantik dan indah dipandang karena diberikan perawatan khsusus dan mendapat sentuhan manusia yang ulet serta memiliki jiwa seni untuk membuat bonsai.

"Jadi seolah-olah kita melihat pohon yang besar dalam wujud yang kecil, tapi idealnya tanaman tersebut harus memiliki bentuk sama dengan pohon yang ada di alam," Katanya saat menghadiri salah satu kontes dan pameran bonsai di Kecamatan Jatiroto.

Dilihat dari sisi harga, hingga saat ini tanaman bonsai bisa terbilang stabil, dan bahkan memiliki harga yang sangat mahal, mulai dari ratusan ribu hingga mencapai milyaran rupiah, tergantung dari ukuran dan bentuk karateristik tanaman bonsai tersebut. Tak heran, tanaman bonsai yang memiliki nilai jutaan rupiah dibeli oleh orang kaya, hanya untuk sebagai koleksi dan hiasan di kantor atau di rumah.

Selanjutnya, ia berharap, agar setiap tahunnya di Kabupaten Lumajang bisa mengadakan sebuah kontes atau pameran bonsai, supaya bisa memberikan semangat kepada para petani dan pegiat bonsai untuk berkarya serta bisa lebih mengenalkan tentang keindahan bonsai kepada masyarkat.

"Kalau ada event setiap tahun, otomatis pegiat bonsai membludak dan lapangan pekerjaan pasti kita dapatkan di sana," harapnya.

Bambang Hendroyono menambahkan hingga sekarang ini, banyak para petani bonsai yang masih menggandrungi atau menekuni usaha tanaman yang terbilang unik itu. Menurutnya profesi sebagai petani bonsai bisa bekerja secara fleksibel dan bisa menyalurkan hobinya yang dapat menghasilkan uang, hal itu jauh lebih bermakna karena dapat menghargai potensi yang ada pada diri sendiri.(Kominfo-lmj/bob).

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan