Bupati Hadiri Deklarasi ODF Kecamatan Kunir
24 Februari 2021 | Dilihat 336 kali | Penulis Andhika . Redaktur Joko
Foto : Dok. Kominfo-LMJ

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang, Ny. Musfarinah Thoriq menghadiri Deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan di Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang, Rabu (24/2/2021).

Dalam sambutannya, Bupati Lumajang menyampaikan, peningkatan IPM diukur dengan kualitas dasar hidup antara lain bidang kesehatan, pendidikan dan ekonomi. Maka, ODF juga menjadi salah satu syarat untuk menjadi kabupaten sehat dan sebagai salah satu persyaratan dalam mendukung indikator dari peningkatan indeks pembangunan manusia di Kabupaten Lumajang.

"Seluruh kecamatan saya minta untuk deklarasi ODF atau stop buang air besar sembarangan. Supaya kita bisa kembali menjadi kabupaten sehat, salah satu yang harus dituntaskan oleh Kabupaten Lumajang adalah bebas dari buang air besar sembarangan," ungkapnya.

Selanjutnya, Bupati Lumajang mengapresiasi seluruh jajaran kecamatan dan kepala desa yang ada di Kabupaten Lumajang, khususnya Kecamatan Kunir yang sudah bisa mencapai target seluruh desa untuk mendeklarasikan ODF.

Sementara itu, Camat Kunir, Yudho Haryanto berterimakasih kepada Bupati Lumajang karena sudah berkenan hadir pada kegiatan Deklarasi ODF di Kecamatan Kunir. Ia juga menjelaskan bahwa sebanyak 11 desa se-Kecamatan Kunir telah melaksanakan deklarasi ODF, hal itu merupakan komitmen sebagai mendukungan bagi program Pemerintah Kabupaten Lumajang untuk mewujudkan kabupaten sehat. (Kominfo-Lmj/ad)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan